Pengertian Public Relation Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Public Relation Tugas dan Tanggung Jawabnya
Pengertian public relation menurut para ahli lahir atas dasar untuk menciptakan dan memunculkan suatu hubungan yang baik antara lembaga dan masyarakat. Kumpulan prinsip public relation muncul pada tahun 1906 dimana fungsi public relation berfokus untuk menyediakan berbagai macam informasi yang akurat mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepentingan umum suatu lembaga dan masyarakat.

Peran public relation adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antar lembaga dan publik/masyarakat. Hubungan baik tersebut menyangkut kepentingan internal serta eksternal sebuah lembaga dalam rangka menubuhkan pengertian dan toleransi. Intinya adalah dengan adanya public relation diharapkan sebuah lembaga akan dapat berkomunikasi dengan publik untuk kelancaran pencapaian tujuan sebuah lembaga.
Dulu proses public relation hanya menitik beratkan melalui media, namun saat ini public relation tidak dapat dicapai jika hanya menggunakan media melainkan harus tuun ke lapangan secara langsung untuk melakukan negosiasi dengan publik/masyarakat untuk menemukan kesepakatan. Seiring perkembangan jaman, public relation yang dulunya hanya ada di beberapa lembaga kini sudah mulai banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

Jobdesk Seorang Public Relation dalam perusahaan tidak jauh berbeda dengan fungsi public relation sendiri yaitu untuk melakukan perundingan dan negosiasi dengan masyarakat demi tercapainya tujuan perusahaan. Jumlah staff public relation dalam perusahaan biasanya tidak begitu banyak karena memang untuk urusan ini hanya diperlukan beberapa orang yang memang ahli dalam ilmu komunikasi saja yang terpenting mampu menjalankan tugas dari perusahaan.

Deskripsi Pekerjaan Public Relation

1. Menulis dan Merancang Informasi

Pekerjaan public relation adalah untuk mempublikasikan maksud dari perusahaan namun sebelum mempublikasikan hasil dari kebutuhan perusahaan, seorang staff public relation harus menulis dan merancang informasi tersebut agar tidak salah sasaran. Misalnya, perusahaan ingin melakukan perluasan wilayah tentu sasarannya harus tepat yaitu masyarakat yang berada disekitar wilayah perusahaan.

Proses publikasi dan negosiasi harus dirancang dengan baik agar dapat mencapai goal. Inilah yang menjadi alasan mengapa seorang public relation harus mampu melakukan pendekatan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan dukungan untuk melaksanakan maksud dan kebutuhan perusahaan.

2. Melakukan Konseling

Tugas staff public relation yang kedua adalah konseling, dimana konseling tersebut sasarannya adalah masyarakat yang bersangkutan dengan program yang akan dijalankan perusahaan. Setelah melakukan konseling, hasil dari konseling ini sendiri biasanya berupa saran saran untuk pihak perusahaan dimana pihak manajemen internal perusahaan harus bisa menemukan win win solution atas apa yang diminta oleh masyarakat agar program dan kebijakan perusahaan bisa mendapat persetujuan dari masyarakat dan dapat segera dijalankan.

3. Melakukan Pendekatan

Perusahaan akan selalu bersinggungan dengan masyarakat sehingga apa yang menjadi program perusahaan pasti akan memberikan dampak kepada masyarakat. Tugas public relation adalah harus melakukan riset melalui pendekatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang bisa mendukung berjalannya program perusahaan.

Informasi yang didapat dari masyarakat ini akan digunakan untuk membuat strategi sebagai sarana menciptakan kepercayaan antara perusahaan dan masyarakat karena kepercayaan merupakan hal yang harus dicapai agar setiap program yang akan dijalankan perusahaan selalu mendapatkan dukungan oleh masyarakat.

4. Relationship

Setelah berbagai tahapan negosiasi dan pendekatan telah mendapatkan kesepakatan maka tugas public relation yang selanjutnya adalah menjalankan kerjasama yang telah disepakati. Jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan baik dari perusahaan ataupun masyarakat maka tugas public relation adalah harus segera melakukan perbaikan agar kerjasama dan kepercayaan antara perusahaan dan masyarakat bisa tetap terjaga sehingga program perusahaan bisa tetap berjalan.

Ketika kerjasama telah disepakati dan program perusahaan sudah mulai dijalankan maka staff public relation sangat tidak dianjurkan melakukan oposisi dengan melepaskan kepentingan masyarakat.

5. Publikasi

Publikasi merupakan poin yang penting ketika program perusahaan mulai dijalankan. Publikasi ini bertujuan bahwa perogram perusahaan yang sedang berjalan telah mendapatkan persetujuan dari pihak masyarakat dan menunjukkan bahwa saat ini terjadi kerja sama antara perusahaan dan masyarakat yang bersangkutan. Hal ini juga merupakan salah satu usaha untuk mengantisipasi terjadinya hal diluar prediksi perusahaan seperti protes dari oknum oknum yang ingin menghambat program perusahaan dengan mengatasnamakan masyarakat.

6. Melakukan Event Perusahaan

Gaji public relation ditentukan dari seberapa banyak goal yang dia capai agar program perusahaan bisa berjalan. Dan diluar tugas pendekatan dan negosiasi dengan masyarakat, staff public relation juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan event perusahaan karena memang event yang dilakukan oleh perusahaan juga pasti akan berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan.

Biasanya untuk menjalankan tugas ini staff public relation akan bekerjasama dengan sales koordinator ataupun staff lainnya yang memiliki pean dalam penyelenggaraan event perusahaan. Tugas staff peublic relation adalah mencapai kesepakatan dengan pihak penyedia tempat event perusahaan yang akan dilangsungkan.

Demikian ulasan tentang Jobdesk Seorang Public Relation. Selain tugas diatas, public relation juga memiliki tugas yang penting dan tidak boleh diabaikan yaitu untuk menjaga hubungan baik dengan pihak yang bermitra dengan perusahaan baik itu masyarakat maupun pihak eksternal lainnya seperti kerja sama antar perusahaan maupun vendor perusahaan.

Posting Komentar

0 Komentar