Rumus Excel Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja

Rumus Excel Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja
Pada dunia kerja ada beberapa skill atau kemampuan yang sering digunakan seperti menggunakan software Miscrosoft Office, yang sering digunakan dari MS.Office biasanya Ms. Words, Ms. Excel, Ms. Power Point, dan Outlook.

Kali ini akan dibahas tentang beberapa rumus Microsoft Excel yang sering digunakan di dunia kerja. Hal ini guna mempermudah kamu untuk mendapatkan perkerjaan atau juga bisa mempermudah pekerjaan kamu di kantor. Mari disimak !!

1. Fungsi Matematika dan Statistik

Pada fungsi ini, pengguna banyak menggunakan rumus :

a. Fungsi Sum 

Berfungsi menjumlahkan kumpulan baris angka baik secara vertikal atau secara horizontal. Anda cukup menempatkan cursor pada bagian akhir angka dan pilih simbol sigma pada toolbar. Misalnya terdapat angka di cell A2 sampai dengan cell A13. Maka tempatkan kursor pada cell A14 dan masukan rumus sum dengan penulisan =sum(A2:A13)

b. Fungsi Average (rata-rata) 

Untuk menentukan berapa rata-rata dari sebuah deret / baris angka yang ada. Pada rumus ini, anda dapat mengganti sum dengan Average sehingga menjadi penulisannya adalah =Average(A2:A13)

c. Fungsi Count  

Merupakan rumus untuk menghitung berapa total angka yang ada. Arti total disini adalah bukan dalam arti jumlah dari angka yang ada. Tetapi berapa bilangan yang terdapat dalam penulisan dari suatu cell. Kelemahan dari rumus ini adalah selama di dalam cell tersebut terdapat penulisan karakter baik spasi, angka 0 atau apapun maka akan terhitung dengan menggunakan rumus count tersebut. Penulisan rumusnya sama dengan rumus sum, average. Anda cukup mengganti dengan =count(cell awal:cell akhir).


d. Min dan Max

Sesuai dengan artinya terkecil dan terbesar. Jadi dengan menempatkan rumus min atau max pada akhir baris angka, maka akan diketahui angka berapa angka terkecil dan angka berapa terbesar. Rumus yang anda dapat digunakan adalah :
- Rumus min ditulis dengan "=Min(cell awal:cell akhir)"
- Rumus max ditulis dengan "=Max(cell awal:cell akhir)"

e. Fungsi Median

Untuk menentukan nilai tengah dari suatu deret angka dimana penulisan rumus "=Median(cell awal:cell akhir)


2. Fungsi IF

Rumus ini digunakan untuk menentukan suatu kemungkinan yang terjadi. Misalnya : Jika rajin maka pandai dan jika tidak rajin maka malas. Asumsi diatas dapat diterapkan misalnya terdapat kata rajin di dalam cell A3, maka dapat ditulis dengan rumus =if(a3="rajin";"pandai";"malas")

Fungsi if ini dapat digunakan bervariasi, seperti multi if yang artinya kita dapat menggabungkan beberapa rumus if untuk menghasilkan data yang diinginkan. Anda dapat mencari pada kotak pencarian dengan kata kunci If.

Fungsi If yang dapat dikombinasikan adalah :
- Fungsi IF dan OR
- Fungsi IF dan AND
- Fungsi IF dan VLOOKUP / HLOOKUP

Fungsi OR, AND, TRUE, FALSE merupakan bagian dari jenis rumus logika pada Excel.

3. Rumus Pembulatan

Rumus ini digunakan jika kita tidak menginginkan hasil dalam bentuk desimal. Untuk teknis penggunaannya anda dapat menggunakan :

a. Fungsi Floor

Fungsi ini akan membulatkan angka desimal menjadi puluhan, ratusan atau ribuan, tergantung berapa pembulatan yang akan anda inginkan. Penerapan rumusnya adalah : =floor(cell x;10) artinya jika dalam cell tertentu berisi angka 211,6 maka akan menghasilkan 210.

b. Fungsi Round 

Fungsi ini sama prinsipnya dengan fungsi floor, hanya yang membedakan adalah untuk fungsi round disini akan menyesuaikan angka desimal. Jika desimal dibawah angka 5 maka akan dibulatkan ke bawah. Sedangkan diatas 5 akan dibulatkan ke atas. Penerapannya sama dengan floor hanya yang membedakan adalah menggunakan angka 0 setelah cell yang ditentukan. Sehingga akan menjadi =round(cellx;0).

Rumus tersebut dapat juga digunakan untuk ROUNDUP dan ROUNDDOWN.

Itulah beberapa rumus Microsoft Excel di yang sering digunakan di dunia kerja. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

1 Komentar