Prospek Karir di Era Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 mengubah segala urusan jadi serba simpel dan cepat. Perusahaan mulai memikirkan kandidat-kandidat yang tepat dan sesuai untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan ini. Berikut ini adalah profesi-profesi yang mempunyai prospek karir yang cerah di era Industri 4.0.

1. App Developer

Setiap perusahaan yang bergerak di berbagai macam bidang, berlomba-lomba menciptakan aplikasi untuk menunjang kemudahan para konsumennya di masing-masing smartphone. Orang-orang yang menciptakan aplikasi itu disebut App Developer. Untuk menjadi seorang App Developer, kemampuan yang harus dikuasai yaitu memahami algoritma dan logika pemrograman, seperti Java, C++, Phyton, Ruby dan masih banyak lagi.

2. Web Developer

Kurang lebih sama seperti App Developer, namun Web Developer berfokus pada situs web. Perusahaan membutuhkan website agar produk dapat lebih dikenal dan menjangkau calon konsumen. Web Developer harus mempelajari dan menguasai front-end, back-end developer, HTML, CSS, dan lainnya.

3. Content Creator

Sebuah produk akan dikenal masyarakat luas jika dikemas dengan iklan yang dapat membuat orang penasaran dan tertarik dengan produk tersebut. Bagaimana membuat orang terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk adalah tugas dari Content Creator. Untuk menjadi seorang Content Creator yang baik diperlukan soft skill yaitu kreativitas dan inovasi untuk menciptakan konten yang menarik.

4. SEO Specialist

Seorang SEO Specialist dituntut untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus diperbarui. Bagi perusahaan yang mengandalkan digital marketing dalam memasarkan produk mereka, peran SEO sangat vital bagi bisnis perusahaan. Profesi Spesialis SEO masih sangat jarang ditekuni, sehingga para perusahaan berani memberikan bayaran yang cukup besar untuk posisi ini.

5. Social Media Specialist

Hampir semua orang mempunyai setidaknya dua akun sosial media dari berbagai platform. Perusahaan memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi atau membangun hubungan dengan pelanggan atau target market, juga memasang iklan. Tugas Social Media Specialist adalah membuat ide konten dan menganalisa feedback dari warganet.

6. Data Scientist

Di awal disebutkan istilah-istilah yang terkait dengan Industri 4.0, salah satunya adalah Big Data. Seorang Data Scientist lah yang akan mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa, dan mempresentasikan data-data yang ada untuk menghasilkan informasi yang berguna. Informasi tersebut nantinya jadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk perusahaan.


Kalau kalian cari data soal gaji-gaji dari profesi di atas, kalian akan menemukan fakta bahwa posisi-posisi ini dibayar lumayan besar lho. Bahkan untuk ukuran fresh graduate, perusahaan berani membayar mereka dikisaran 5 sampai 7 juta. Angka yang gede banget untuk seorang lulusan baru. Apakah kamu tertarik?

Belum ada Komentar untuk "Prospek Karir di Era Industri 4.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel