Pengertian Analis Kesehatan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Analis Kesehatan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Sebagian besar pandangan masyarakat saat ini selalu menganggap bahwa profesi di sektor kesehatan hanyalah dokter, bidan, dan perawat.

Disamping profesi diatas, ternyata masih ada banyak profesi tenaga medis lainnya, misalnya Analisis Kesehatan atau biasa disebut juga dengan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan.

Analisis kesehatan merupakan orang-orang yang mempunyai keterampilan tinggi yang ditugaskan untuk melaksanakan, mengevaluasi prosedur lab dan memanfaatkan berbagai sumber daya pendukung yang ada.

Di Indonesia sendiri memang lebih dikenal dengan istilah Analisis Kesehatan jika dibandingkan dengan Ahli Teknologi Labkes. Sedangkan jika di dunia internasional seperti di Amerika Serikat dan Kanada, digunakan istilah Medical Laboratory Technologist. Biomedical Scientints di United Kingdom, serta Rinshoukensagishi adalah sebutan yang digunakan di Jepang.

Meskipun dikenal dengan istilah yang bermacam-macam, pada umumnya pekerjaan serta tanggung jawabnya sama.

Analis Kesehatan merupakan disiplin ilmu medis yang memberikan perhatian pada semua aspek analitik dan laboratoris terhadap jaringan atau cairan tubuh manusia serta ilmu medis.

Tugas dan Tanggung Jawab Analisis Kesehatan

Analisis kesehatan mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab untuk melakukan berbagai jenis tes medis seperti Kimia Klinik. Hematologi, Imunoserologi, Mikrobiologi, Toksikologi, Kimia air, Kimia makanan, Biologi Molekuler, atau Patologi Anatomi.

Tes-tes ini menggunakan instrumentasi untuk memperlancar proses diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Adapun tanggung jawab Analisis kesehatan untuk mengumpulkan dan mempersiapkan sampel seperti cairan tubuh, darah, dan jaringan serta menginterpretasi hasil. Tenaga tenaga analisis biasanya juga berkerja secara independen.

Meskipun demikian, mereka juga menjadi bagian penting dari layanan kesehatan. Di Indonesia, tenaga analisis memiliki tugas dan kemampuan yang berbeda. Tenaga tersebut tidak hanya menunjang terhadap analisis spesimen klinis, namun analisis non abiotik seperti makanan, air, dan minuman.

Peran Analisis Kesehatan

Dalam melaksanakan kewajiban pelayanan kesehatan, Analisis kesehatan mempunyai fungsi penting sebagai pelaksana teknis untuk pelayanan laboratorium medis, sebagai pelaksana teknis operasional, peneliti, dan penyuluh pada bidang laboratorium kesehatan atau promoting health laboratory.

Fungsi Analisis Kesehatan

Terdapat beberapa fungsi analisis kesehatan dalam memberikan pelayanan laboratorium medis dan melaksanakan tugasnya di antara lain adalah mempersiapkan proses teknis operasional, melakukan uji analitik terhadap spesimen dan reagen, mengembangkan prosedur untuk mengambil serta memproses spesimen, mengoperasikan dan memelihara instrumen di laboratorium, menjaga keselamatan kerja di lingkungan laboratorium, dan mengevaluasi data lab untuk memastsikan prosedur dan akurasi pengendalian mutu.

Disamping itu, analisis kesehatan sebenarnya juga masih mempunyai beberapa fungsi lain contohnya membantu klinisi untuk memanfaatkan data lab untuk menginterpretasikan hasil tes lab, mengorganisir kegiatan lab, melakukan penelitian, dan memberikan penyuluhan pada masyarakat yang berhubungan dengan lab medis.

Kompetensi Analisis Kesehatan

Mereka yang hendak menjadi tenaga analisis kesehatan atau ahli teknologi laboratorium harus memiliki beberapa kompetensi yang harus dicapai sebelum mereka terjun langsung ke lapangan kerja, salah satunya yaitu menguasai ilmu yang berhubungan dengan kewajiban dan fungsinya di lab medis.

Mereka juga mesti bisa merancang proses yang berhubungan dengan tugas dan fungsi mereka di lab sesuai dengan jenjangnya. Keterampilan tentunya yang menjadi salah satu kompetensi yang harus dicapai karena tanpa keterampilan untuk proses operasional, seorang tenaga ahli lab tidak dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Kemudian, keterampilan itu sendiri juga terdiri dari berbagai macam seperti keterampilan untuk mengambil spesimen, melaksanakan prosedur lab, dan keterampilan memelihara alat-alat yang ada di lab kesehatan.

Gaji Analis Kesehatan

Besaran gaji seorang Analis Kesehatan sendiri tergantung dari lokasi penempatan kerjanya. Namun, secara rata-rata penghasilan Analis Kesehatan berkisar antara 3-4 juta rupiah per bulannya.

Namun jangan berkecil hati, seperti jenis profesi lainnya pendapatan ini belum termasuk bonus, lembur, dan intensif lainnya.
 

Nah, demikianlah ulasan mengenai profesi Analis Kesehatan yang merupakan salah satu profesi yang ada di bidang kesehatan. Bagi kalian yang berminat untuk menjadi bagian dari pekerjaan ini, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Analis Kesehatan Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel