Pengertian Kurir Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Kurir Tugas dan Tanggung Jawabnya

Kalian pasti tidak asing dengan salah satu profesi ini, Kurir. Ya kurir merupakan sebuah aktivitas pengiriman barang yang dilakukan secara langsung, yang pada umumnya sebagai pekerjaan mengantarkan barang.

Seorang kurir biasanya mengendarai sepeda atau motor agar lebih cepat dalam pengirimannya. Posisi pekerjaan ini biasanya terdapat di perusahaan ekspedisi. 

Di Indonesia terdapat banyak perusahaan ekspedisi sebut saja JNE, TIKI, Pos Indonesia, JNT, JET Express, Sicepat, ID Express, Ninja Express, Gosend dll.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

Pekerjaan kurir adalah mulai dari mengambil paket yang masuk ke kantor dan mengantarnya ke penerima. Disamping itu, seorang kurir juga mesti memastikan bahwa konsumen menerima pesanannya tepat waktu, melakukan pengecekan serta pencocokan data dengan dokumen yang disediakan terhadap paket.

Berikut rincian job desknya :
  • Melakukan pengiriman barang ke alamat dan penerima yang tepat
  • Melakukan pendataan status pengiriman barang agar dapat dipantau
  • Memastikan barang tetap dalam keadaan aman hingga sampai tujuan
  • Menjalankan, mentaati SOP perusahaan delivery yang berlaku
  • Menjaga data pengirim dan penerima barang tetap aman pada label
  • Menerima pembayaran dan transaksi COD
  • Menyetorkan data dan laporan hasil pengiriman kepada perusahaan

Kualifikasi / Job Requirement 

Untuk kualifikasi pendidikan, sebenarnya tidak ada minimal tingkat pendidikan. Tidak harus lulus sarjana ataupun menempuh bangku sekolah.

Semua orang bisa daftar asalkan wajib memiliki SIM dengan tipe C ataupun A sesuai dengan kendaraan yang digunakan nantinya. Mampu mengendarai sepeda motor / mobil merupakan skill (keahlian) utama yang harus dimiliki oleh seorang kurir. 

Disamping itu, kurir juga mesti mengetahui dan menguasai area serta jalan yang menjadi wilayah kerjanya. Karena itulah kebanyakan kualifikasi mengharuskan sesuai domisili.

Penghasilan Gaji Kurir per Bulan

Gaji kurir adalah rata-rata per bulannya untuk di Indonesia Rp 3 jutaan, setara dengan rata-rata nasional. Namun besaran gaji ini di setiap perusahaan dan kota berbeda-beda, juga tergantung dengan karir jabatan kurir dan kebijakan perusahaan.

Faktor lain yang mempengaruhi besar kecilnya gaji kurir adalah UMR/UMK/UMP suatu daerah.
Ada juga yang dibayar per jumlah paket yang diantar. Semakin banyak paket yang diselesaikan, maka penghasilan yang didapat semakin besar pula.

Peluang kerja kurir adalah semakin luas untuk saat ini, profesi ini menjadi incaran banyak orang. Tidak seperti dengan dahulu dimana seorang kurir sering kali dipandang sebelah mata.

Perkembangan e-commerce yang semakin pesat membuat profesi kurir semakin banyak dicari dan menjadi salah satu bidang pekerjaan pilihan bagi yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan.

Meningkatnya kebiasaan masyarakat yang gemar belanja online memberikan dampak pada banyaknya orang yang ingin menjadi kurir.

Nah, demikianlah ulasan mengenai job desk dari seorang kurir ekspedisi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kurir Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel