Pengertian Financial Advisor Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Financial Advisor Tugas dan Tanggung Jawabnya
Penasehat keuangan atau Financial advisor merupakan posisi di sebuah perusahaan yang memiliki tugas untuk memberikan layanan dan informasi juga tata cara terkait dengan pengelolaan keuangan, termasuk dalam skema investasi dan asuransi. Umumnya pekerjaan ini terdapat di perusahaan asuransi, misalnya AXA Mandiri, Manulife, Asuransi Takaful dan AIA Financial.

Tugas Financial Advisor

Pada perusahaan yang bergerak di bidang layanan keuangan, posisi financial advisor merupakan posisi yang sangat penting. Seorang financial advisor memiliki tugas utama yaitu menganalisa kebutuhan keuangan klien dan memberikan bantuan untuk menanggulangi permasalahan keuangan. Disamping itu, membuat rencana keuangan untuk tujuan jangka pendek ataupun panjang.

Dalam menjalankan pekerjaannya, berbagai rekomendasi instrument investasi akan ditawarkan seorang financial advisor kepada klien sesuai dengan tujuan dan keinginan.

Ambil contoh, klien hendak mempunyai dana pensiuan dan dana investasi biaya pendidikan anak. Tugas financial advisor akan mengidentifikasi keperluan kliennya kemudian memberikan saran atau masukan yang sesuai untuk melaksanakan investasi guna tujuannya tercapai.

Adapun beberapa tugas pokok yang mesti dilaksananak oleh financial advisor, yaitu:
  1. Menemui atau menerima klien di kantor guna memberikan bantuan problem keuangan mereka. 
  2. Menjelaskan apa saja produk atau layanan keuangan yang akan ditawarkan oleh perusahaan. 
  3. Memberikan edukasi kepada klien dan memberikan masukan terkait berbagai instrumen investasi dan risikonya.
  4. Memberikan rekomendasi investasi yang sesuai dengan klien. 
  5. Membantu klien membuat perencanaan tujuan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Terkhusus financial advisor yang bekerja di perusahaan asuransi dan perbankan, mereka juga ditugaskan untuk meningkatkan penjualan produk asuransi disamping tugas utamanya menawarkan instrument investasi.

Walaupun ini adalah tugas dari bagian agen asuransi atau marketing, namun kadang mereka cuma paham produk saja, tanpa mengetahui bagaimana keuangan klien. Karena itulah diperlukannya seorang financial advisor yang bertugas untuk mencarikan solusi serta memberi keyakinan untuk klien mengenai cara jika mengambil produk atau layanan asuransi.

Tidak hanya bertugas menawarkan produk, disamping itu juga mereka mesti melayani komplain dari clien pemegang polis tentang produk asuransi yang telah diambilnya. Dalam situasi ini, finansial advisor mesti bisa memberikan jalan keluar serta menjelaskan dengan detail mengenai permasalahan yang terjadi pada kliennya.

Tanggung Jawab Financial Advisor

Ada beberapa tanggung jawab yang dibebankan kepada financial advisor dalam menjalankan pekerjaannya :
  1. Meningkatkan penjualan produk atau layanan keuangan. 
  2. Memastikan bahwa klien atau pelanggan benar-benar paham tentang informasi produk yang ditawarkan kepadanya. 
  3. Memastikan klien yang menyampaikan komplain atau klaimnya memperoleh layanan yang bagus dan solusi yang tepat.
 

Syarat & Kualifikasi Financial Advisor

Sebagai seorang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terkait klien dan layanan jasa, tentunya sebuah perusahaan menetapkan beberapa persyaratan & kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang financial advisor: 
  1. Memiliki penampilan menarik dan bisa meningkatkan image perusahaan. 
  2. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. 
  3. Mempunyai pengalaman pada bidang perbankan dan asuransi. 
  4. Pendidikan minimal Diploma 3.

Penutup

Itulah ulasan tentang apa saja tugas dan tanggung jawab seorang financial advisor. Bagi seorang freshgraduate pastinya jobdesk ini sedikit berat, namun asal mau belajar dan berusaha pasti akan bisa menjalaninya.

Setiap profesi pekerjaan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung bagaimana cara kita menanggulanginya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui seluk beluk dunia financial advisor sebelum benar-benar terjun didalamnya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Financial Advisor Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel