Pengertian Pramuniaga Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Pramuniaga Tugas dan Tanggung Jawabnya
Dalam setiap pekerjaan, pastinya terdapat tugas dan tanggung jawab yang dibebankan pada diri setiap pekerja. Bagi seorang pramuniaga, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan dapat dikelompokkan dalam 3 kategori besar, yaitu:

1. Displaying

Seorang pramuniaga mempunyai tugas untuk melakukan display barang dagangan yang ada di toko. Sekilas, tugas ini terlihat ringan, padahal tugas displaying barang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pramuniaga harus mampu melakukan displaying dengan aturan sebagai berikut:
  • Memajang barang dengan mendahulukan rak/ display yang stoknya telah kosong sesuai dengan sistem First In First Out (FIFO) dan tanggal kadaluarsa (Exp.Date) terutama untuk produk makanan, minuman dan obat-obatan.
  • Memajang produk sesuai dengan pengelompokkan barang (grouping) yang disesuaikan dengan ukuran dan warna.
  • Memasang label penunjuk harga (price tag) yang diletakkan secara benar dan lengkap.
  • Memindahkan barang yang rusak dari display ke tempat yang telah ditentukan.
  • Menjaga kerapihan dan kebersihan barang dan display

2. Controlling

Selain bertugas untuk melakukan display produk, pramuniaga juga dituntut untuk mampu melakukan controlling atas produk-produk yang ada di sebuah toko. Bentuk controlling yang perlu dilakukan oleh pramuniaga antara lain:
  • Melakukan monitoring terhadap kesedian stock produk. Produk yang kosong harus dicatat dan dilaporkan kepada Supervisor.
  • Melakukan controlling produk yang terdapat di display. Produk yang rusak dan kadaluarsa harus segera dipindahkan dari display.
  • Melakukan pengecekan dan penggantian label harga (price tag) ketika terjadi perubahan harga produk.
  • Melakukan controlling produk yang keluar dan yang masuk untuk menghindari adanya barang yang hilang

3. Service

Walaupun telah disibukkan dengan pekerjaan displaying dan controlling produk, seorang pramuniaga masih harus siap sedia untuk melayani konsumen. Ketika ada konsumen yang bertanya terkait lokasi atau kegunaan produk, seorang pramuniaga wajib memberikan informasi yang tepat.

Pramuniaga juga harus bisa bersikap ramah terhadap konsumen, bahkan terhadap konsumen yang berlaku tidak menyenangkan sekalipun. Sikap ramah ini penting untuk menjaga agar konsumen tetap loyal pada toko tempatnya bekerja. Sayangnya, masih ada saja oknum-oknum pramuniaga yang seringkali melupakan tugas service ini ketika berhadapan dengan konsumen.

Posting Komentar

0 Komentar