Pengertian Reporter Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Reporter Tugas dan Tanggung Jawabnya
Sebuah berita ataupun informasi tidak akan bisa tersebar secara luas jika tidak ada mediator yang berfungsi sebagai alternatif penyebaran berita maupun informasi tentang sebuah kejadian yang terjadi saat itu. Ada banyak sekali mediator yang memiliki fungsi untuk menyebar luaskan sebuah berita mulai dari media cetak, radio, televisi hingga media lainnya. Hal ini tidak lain dan tidak bukan semata mata adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah berita yang sedang hangat saat ini.

Berdasar dari kebutuhan masyarakat akan sebuah berita inilah, saat ini banyak sekali media yang berlomba lomba untuk menyiarkan berita update dan hangat terbaru yang mereka miliki untuk disampaikan kepada masyarakat mulai dari media modern seperti sosmed dan website serta melalui media lama seperti radio dan televisi.

Kamu tentu sering melihat seseorang yang menyiarkan berita dalam jam jam tertentu di televisi baik itu berita infotaimen maupun berita kriminal. Dalam televisi, orang yang bertugas menyiarkan berita disebut sebagai seorang reporter dimana tugasnya adalah untuk menyampaikan berita update terbaru kepada setiap masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Pengertian reporter menurut para ahli adalah mengacu pada tugas reporter dalam bahasa inggris dimana kata report memiliki arti melaporkan, jadi pengertian reporter adalah suatu jenis jabatan dalam kewartawanan yang memiliki tugas untuk melakukan peliputan berita di lapangan dan melaporkannya kepada masyarakat atau publik baik dalam bentuk tertulis maupun lisan.

Tugas dan Tanggung Jawab Reporter dalam Peliputan dan Penyiaran Berita

1. Mengungkap Latar Belakang Sebuah Berita

Sulitnya tugas seorang reporter adalah pada poin ini, dimana dia harus mengungkap latar belakang dari sebuah berita yang didapatkan oleh seorang wartawan. Berita yang dibawa oleh seorang wartawan ini nantinya harus dapat dibedah oleh seorang reporter berdasarkan spekulasi yang mengarah kepada fakta kejadian.

Seringnya, seorang reporter lupa akan apa yang menjadi dasar dia membedah kasus yaitu harus bedasar spekulasi yang mengarah kepada fakta, sehingga ketika menyiarkan berita malah terkesan mengada ada demi mengejar rating media tempat dirinya bekerja. Oleh karena itulah seorang reporter dituntut untuk selalu bekerja secara profesional dimana dia harus menyiarkan berita sesuai dengan keadaan asli yang didapatkan oleh wartawan.

2. Menggali Persoalan serta Menjelaskan Keterkaitan Berita

Meski reporter hanya melanjutkan tugas wartawan, nyatanya tidak semua orang bisa bekerja sebagai reporter, hal tersebut dikarenakan syarat menjadi reporter tidak dimiliki setiap orang. Seorang reporter harus cerdas dan pandai dalam menganalisis sebuah kasus sebelum nantinya disampaikan kepada masyarakat. Bukan hanya itu, seorang reporter juga harus pandai mengaitkan peristiwa yang terjadi dengan peristiwa lainnya yang telah atau sedang terjadi saat ini. Apa tujuannya?

Tujuannya adalah agar nalar para pemirsa bisa tahu dan mengerti bahwa kasus yang terjadi memiliki motif yang jelas untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan berita dengan tujuan tertentu oleh oknum yang memiliki maksud lain dari disiarkannya sebuah berita.

3. Tampil Profesional dan Komunikatif

Pernahkah kamu melihat reporter yang sedang menyiarkan berita tampil apa adanya seperti menggunakan kaos atau celana pendek? Tentu tidak pernah bukan? Hal tersebut membuktikan bahwa untuk menjadi seorang reporter seseorang dituntut agar selalu tampil profesional. Selain tampil profesional, untuk menjadi seorang reporter seseorang juga dituntut untuk dapat tampil komunikatif. Tujuannya adalah agar dapat menarik minat keingin tahuan pemirsa akan sebuah berita.

Tampil profesional dan komunikatif akan membuat sebuah reporter memiliki karakter tersendiri dibanding reporter lainnya. Oleh karena itu, selain memiliki basic yang mendukung biasanya ketika pertama kali seseorang menjadi reporter dia akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum kemudian tampil dan menyiarkan sebuah berita.

4. Menaati Regulasi Jurnalistik

Menaati regulasi jurnalistik adalah bahwa ketika melakukan tugasnya yaitu menyiarkan berita, seorang reporter dilarang keras menyiarkan berita dengan mengikut sertakan maksud khusus pihak tertentu kedalam berita yang disiarkannya karena hal tersebut bertentangan dengan regulasi atau kebijakan jurnalistik. Ketika menyiarkan sebuah berita, seorang reporter dilarang melakukan intervensi menyudutkan pihak lain dengan tujuan mencari koloni oleh oknum tertentu.

Biasanya ketika menjelang pemilihan umum banyak reporter yang mengabaikan kode etik reporter yang harus selalu taat akan regulasi jurnalistik. Hal ini disebabkan pemilik perusahaan media tempatnya bekerja juga ikut andil dalam pesta demokrasi sehingga tidak heran jika owner yang ikut serta dalam pentas politik akan mencari dukungan lewat media yang dimilikinya. Jika kamu kebetulan menjadi reporter maka kamu tidak boleh melakukan hal tersebut karena seorang reporter harus selalu menyampaikan berita sesuai keadaan tanpa menyudutkan pihak lain dan biarkan masyarakat menilainya sendiri.

5. Menyiarkan Berita Berdasarkan Fakta

Ini adalah poin yang harus dipegang secara kuat oleh seorang reporter baik itu sebagai reporter pemula maupun reporter kawakan. Dimana setiap berita yang mereka siarkan haruslah berdasarkan fakta dan bukan berdasrkan hoax agar si penerima berita tidak terpengaruh berita bohong yang akan berdampak pada perdebatan dan menimbulkan perpecahan.

Demikian ulasan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Reporter. Menjadi reporter merupakan profesi yang sangat bermanfaat, karena tugasnya adalah menyampaikan berita yang merupakan kebutuhan setiap masyarakat diseluruh belahan dunia.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Reporter Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel