Fresh Graduate Simak 5 Tips Menghadapi Interview Kerja

Simak  5 Tips Menghadapi Interview Kerja
Dapat dikatakan gampang-gampang susah dalam hal mencari pekerjaan. Banyak hal yang dipersiapkan dari membuat surat lamaran kerja, belum lagi berkas-berkas sampai tahapan interview/wawancara kerja. Bagi seorang fresh graduate pastinya kalian senang apabila mendapat sebuah kesempatan interview kerja di tempat yang kalian lamar.

Nah, yang menjadi permasalahanya adalah bagi kalian fresh graduate yang baru menyelesaikan pendidikan, pastinya belum mempunyai pengalaman tentang dunia kerja walaupun ada tentunya masih minim. Namun jangan takut, sebab berikut akan diulas tentang bagaiman tips dalam menghadapi interview kerja bagi kalian yang menyandang status fresh graduate.


1. Mencari informasi mengenai latar belakang perusahaan yang kalian lamar

Perlu diingat, sangat perlu untuk kalian para fresh graduate untuk mencari informasi seputar latar belakang serta seluk beluk perusahaan yang kalian lamar. Mengapa? Tentunya untuk memperoleh gambaran mengenai perusahaan, bergerak dalam bidang apa, berapa lama perusahaan telah berdiri dan lain-lain.

Diharapkan kalian bisa dapat menjawab pertanyaan ini dengan tenang ketika tahapan wawancara dilakukan oleh HRD perusahaan. Kemungkinan besar pihak perusahaan akan memberi nilai tambah ketimbang kandidat lain mengenai pengetahuan dan keseriusan kalian bekerja di perusahaan tersebut.

2. Walaupun tidak memiliki pengalaman kerja, ketahuilah gambaran tentang pekerjaan yang kalian lamar

Tidak memiliki pengalaman kerja bukan berarti tidak perlu mengetahui akan gambaran deskripsi pekerjaan dari posisi pekerjaan yang nantinya kalian akan lamar. Misalkan kalian mendaftar sebagai staff Collector tanpa pengalaman, kaian pastinya wajib mengetahui basic pekerjaan seorang Collector itu bagaimana, dari situlah pewawancara dapat menilai tingkat pengetahuan kalian akan posisi yang kalian lamar.

Disamping itu, apabila diterima bekerja kalian sudah tidak terkejut dengan job desk dari pekerjaan tersebut, dikarenakan telah memahami sebelumnya tentang job desk posisi yang kalian lamar.

3. Pelajari tips-tips penting mengenai wawancara kerja

Banyak dari kalian mungkin yang mendengar bahwa wawancara kerja dapat membuat gugup. Benarkah? Perlu ditekankan lagi, ini bergantung dari sudut pandang kalian dan dapat menjadi benar apabila kalian baru pertama kali menghadapi wawancara sebagai seorang fresh graduate. Sulit rasanya tanpa bekal apapun untuk dapat menghindari rasa gugup saat proses wawancara kerja.

Oleh sebab itu, banyak-banyaklah mencari referensi tentang wawancara kerja baik itu dari sahabat yang telah berpengalaman, membaca artikel tentang interview dan lainnya. Intinya, kalian sudah melakukan persiapan contohnya jika diberi pertanyaan yang kerap dianggap menjebak, kalian pastinya telah mengetahui cara menjawabnya dengan baik.

4. Pelajari mengenai bahasa tubuh yang baik saat wawancara kerja

Pada test interview kerja, bahasa tubuh kalian juga termasuk alat komunikasi. Ya, gestur tubuh yang baik dapat menjadi trik psikologi yang mesti kalian kuasai. Sebab pewawancara pasti memperhatikan bahasa tubuh kalian serta seringkali menunjukkan apa yang ada dibenak kalian dibanding apa yang kalian ucapkan.

Karena itulah, kalian juga perlu mencari referensi mengenai bahasa tubuh yang baik dan dapat meyakinkan pewawancara, mulai dari kontak mata, cara berjabat tangan, posisi duduk dan sebagainya. Belum lagi mengenai soal psikotes yang mesti kalian hadapi selama proses rekrutmen, sehingga kalian mersti memahami dengan seksama soal pentingnya akan bahasa tubuh.


5. Buang jauh pikiran akan kegagalan

Yang terpenting jangan pernah berfikir mengenai apa kalian akan gagal ataupun sukses dengan tahapan wawancara yang kalian jalani. Rasa gugup dan takul akan gagal pastinya ada muncul dibenak bagi kalian para fresh graduate. Namun sadarilah, untuk orang yang kerap melakukan wawancara saja kadang masih merasakan yang namanya gugup apabila berada pada proses interview kerja. Fokuskan pikiran dan energi kalian mengenai apa yang mesti kalian lakukan daripada berfikir mengenai hasil yang belum pasti.

Nah, diharapkan tips-tips tadi bisa bermanfaat bagi kalina para pencari kerja yang sedang berjuang. Semoga sukses.

Posting Komentar

0 Komentar