Aplikasikan 5 Hal Berikut Saat Mencari Pekerjaan

Aplikasikan 5 Hal Berikut Saat Mencari Pekerjaan
Menyelesaikan pendidikan dari kampus favorit dengan nilai terbaik, memiliki pengalaman berorganisasi yang tak banyak sampai aktif dalam bermacam-macam lomba yang diadakan, tidak serta-merta menjamin seseorang bisa memperoleh pekerjaan dengan mudah. Seperti pencari kerja lainnya, kita yang mencari sumber penghasilan juga bersaing dengan ratusan ribu pelamar lainnya.

Walau banyak lowongan, kita pun tidak dengan mudah diterima oleh perusahaan. Sama dengan pelamar yang melalui tahap seleksi, kita juga akan terus berjuang sampai mampu memperoleh pekerjaan impian. Supaya dapat diterima tentunya tidak bisa asal-asalan. Mesti serius dan segalanya harus dipersiapkan dengan matang. Bahkan ketika kita menjadi pencari kerja, kita pun wajib memiliki kualitas lho.


1. Pastikan tujuan kalian, jangan asal melamar kerja

Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan impian mereka. Begitu juga dengan masing-masing jurusan dengan semua jenis lulusan, juga mempunyai kesempatan untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tetapi ada kalanya di dunia nyata atau di dunia kerja, semuanya bisa berubah kapan saja. Mulai dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan Kalian. Hingga tugas-tugas yang jauh dari keterampilan yang kita kuasai.

Sebenarnya, hal seperti itu tidak dapat dihindari, terutama apabila kita hendak mencoba bergabung dengan perusahaan startup, yang dapat mengubah strategi kapan saja termasuk tugas yang sedang kita kerjakan. Tetapi kita dapat mencoba menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita. Jangan sembarang mendaftar, jangan asal mendapat pekerjaan. Apabila kalian ingin lama dalam setiap pilihan, maka pastikan kalian membidik terlebih dahulu, keinginan sesuai harapan kalian sehingga dapat lebih mudah memilih lowongan mana yang dapat kalian lamar.

2. CV dan portofolio jadi senjata utama

Apabila kalian yakin ingin melamar, jangan hanya percaya diri tanpa amunisi untuk bertarung. Pastikan CV dan portofolio kalian telah siap. Beberapa perusahaan masih menggunakan dokumen lengkap untuk siapa saja yang ingin melamar, seperti surat lamaran, CV, Ijazah, transkrip nilai dan sertifikat. Tetapi ada beberapa perusahaan yang membutuhkan CV dan portofolio saja.

Itu sebabnya memiliki nilai yang bagus tidaklah cukup. Kalian juga mesti mempersiapkan portofolio sebanyak mungkin. Misalnya, kalian hendak mendaftar sebagai programmer atau desainer. Dari sini kalian harus mempersiapkan portofolio dan hasil desain kalian. Tampilkan semua yang ada di halaman atau file yang menarik dan mudah dimengerti. Tenang saja, semua jurusan harus mempunyai portofolio untuk ditunjukkan kepada perusahaan. Ingat apa yang telah kalian kerjakan, proyek apa yang telah kalian lakukan.

3. Jadilah apa adanya ketika interview

Tidak salah apabila pelamar pekerjaan berusaha sekuat tenaga untuk melatih diri mereka sendiri untuk menghadapi seleksi. Mulai dari tes psikologi sampai proses wawancara. Bahkan beberapa mengambil kursus sehingga mereka dapat melakukan dan menjawab pertanyaan dengan baik. Namun tidak semua orang dapat berhasil dan memenuhi syarat untuk lowongan yang dia lamar.

Bahkan jika kalian telah menyiapkan segalanya, jangan lupa untuk menjadi diri sendiri. Ketika kalian diberi pertanyaan, jangan menjawabnya seperti ketika kalian menghafal sebuah jawaban. Kalian akan nampak sangat gugup dan tidak siap menghadapi wawancara. Jadilah diri sendiri ketika kalian melakukan sesi wawancara. Kalian hanya perlu menjawab sesuai dengan diri kalian tanpa mengada-ada. Sehingga mereka juga bisa tahu bahwa kalian adalah orang yang jujur.


4. Lakukan konfirmasi saat menerima undangan tes

Ketika kalian melamar pekerjaan, biasanya HRD perusahaan terkait akan menghubungi kalian untuk mengundang hadir pada saat tes. Di sini kalian memiliki hak untuk menerima undangan atau menolaknya. Ada kalanya mereka mengirim email, SMS atau bahkan menelepon kalian. Apabila kalian menerimanya, jangan hiraukan dan segeralah balas pesan tersebut.

Bahkan jika kalian hadir, mereka masih membutuhkan konfirmasi kalian. Dari proses itu mereka akan mulai menilai bahwa kalian adalah orang yang antusias dan tidak mudah mengabaikan orang lain. Kalian hanya perlu menjawab apakah kalian ingin datang atau tidak, dan mereka akan menerima kedua jawaban tersebut tanpa menuntut apa pun.

5. Tingkatkan skillmu saat kamu menunggu

Menunggu benar-benar membuat kalian gelisah. Kalian mungkin khawatir karena kalian tidak mendapat telepon dari pihak perusahaan. Namun itu bukan hal buruk untukmu. Karena di sinilah kalian dapat menggunakan waktu untuk meningkatkan keterampilan kalian. Kalian dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melatih diri sendiri, dan mempersiapkan diri apabila suatu hari kalian dipanggil untuk seleksi.

Posting Komentar

0 Komentar