Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kalian Yang Baru Lulus

Jenis Pekerjaan Ini Bisa Jadi Pilihan Kalian Yang Baru Lulus
Setelah lulus kuliah mendapatkan pekerjaan, pastinya itulah yang didambakan oleh setiap orang. Namun, tidak semudah yang dibayangkan untuk mencari pekerjaan dimana dengan banyaknya lulusan-lulusan yang senasib dalam hal mencari kerja. Hal ini tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Ditambah kalian mesti bersaing dengan banyak orang yang sudah memiliki pengalaman pada bidang yang kalian inginkan. Biasanya para fresh graduate belum memiliki pengalaman banyak di dunia kerja, ditambah apabila tidak aktif di kegiatan maupun organisasi.

Saat ini fresh graduate pada umumnya asal pilih pekerjaan tanpa mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan yang akan dilamar. Sebelum melamar kerja pada sebuah perusahaan, ada banyak pertimbangan yang harus dicari tahu. Dengan mencari tahu informasi sebuah perusahaan diharapkan nantinya kalian tidak merasa terjebak dikarenakan pekerjaan yang kalian lamar tidak sesuai dengan minat.

Ya betul, pastinya setiap orang hendak memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang ditempuh saat kuliah. Sangat disayangkan apabila bekerja pada perusahaan yang salah, hal ini akan membuang waktu kalian. Berikut beberapa kriteria perusahaan yang perlu kalian ketahui.

1. Teliti dengan Baik

Menyenangkan memang apabila diterima kerja untuk pertama kalinya, apalagi apabila telah menempuh banyak tes dan wawancara di banyak perusahaan.

Pastinya kalian memiliki berbagai rencana yang telah dipikirkan, keuangan salah satunya. Hal ini tidak lepas karena kalian akan segera memperoleh penghasilan. Namun jangan sampai kalian bekerja di sebuah perusahaan yang tidak mempunyai kredibilitas yang baik serta tidak memiliki perkembangan karir dan masa depan.

Saat ini banyak perusahaan yang tidak mempunyai kredibilitas yang baik serta tidak dapat memberikan kesejahteraan kepada karyawannya. Untuk itulah penting bagi kalian untuk memastikan apakah tempat bekerja kalian nantinya merupakan perusahaan yang pas dan dapat menjadi wadah yang baik untuk perkembangan karir nantinya.

2. Gaji yang Sesuai dengan UMR

Memberikan hak kepada karyawan sesuai dengan peraturan yang ada merupakan salah satu ciri perusahaan yang bagus. Sistem pembayaran Gaji yang layak atau sesuai UMR adalah salah satu hal wajib yang mesti dipenuhi oleh perusahaan.

3. Sistem Rekrutmen yang Jelas

Kalian mesti mencari tahu cara perusahaan tersebut melakukan penerimaan terhadap karyawan mereka. Perusahaan yang baik pastinya akan memiliki sistem penerimaan karyawan yang baik juga.

Kalian mesti memperoleh kejelasan mengenai tahapan seleksi yang mesti dilewati nantinya. Apabila menemukan kejanggalan dalam hal ini, disarankan untuk tidak lanjut ke proses selanjutnya.

4 Jenjang Karir

Carilah perusahaan yang mempunyai jenjang kair yang jelas bagi karyawannya. Apabila perusahaan yang Kalian daftar tidak mempunyai kejelasan jenjang karir, maka dapat dipastikan Kalian juga tidak akan mempunyai kejelasan karir di perusahaan tersebut. Setiap orang pastinya ingin mempunyai karir yang baik kedepannya, bukan begitu?

5. Budaya Kerja yang Sehat dan Terbuka

Hal ini juga salah satu yang dapat menjadi bahan pertimbangan kalian dalam memilih perusahaan yang akan kalian daftar. Cari tahu dengan baik mengenai budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut. Karena nantinya akan mempengaruhi kenyamanan kalian dalam bekerja.

Pekerjaan yang cocok bagi yang baru lulus kuliah

Nah, setelah kalian mengetahui mengenai kriteria perusahaan yang baik, berikut ini jenis pekerjaan yang cocok bagi kalian yang baru lulus.

1. Agen Asuransi

Pada website/situs lowongan kerja, ada banyak sekali lowongan agen asuransi. Rata-rata mereka menerima fresh graduat. Nah, bagi kalian yang baru lulus, pekerjaan ini cocok untuk kalian yang hendak mencoba. Ya meskipun agen asuransi masih sering dipandang sebelah mata oleh orang, padahal prospek dan pendapatannya lumayan juga.

2. Jurnalis

Dengan munculnya banyak media-media baru, pasti memerlukan tenaga kerja yang masih fresh. Nah, jurnalis ini sangat cocok bagi para fresh graduate yang gemar menulis. Pekerjaan jurnalis akan sangat menyenangkan, dikarenaka kalian akan banyak mewawancarai tokoh-tokoh besar seperti pejabat tinggi ataupun artis-artis.

3. Account Executive

Belakangan ini pekerjaan account executive sangat mudah kalian temukan di situs pencari kerja. Bagi para fresh graduate yang tertarik dan berkeinginan menggeluti pekerjaan ini, nantinya kalian akan banyak melakukan pertemuan dengan klien di luar kantor, dan pastinya memiliki penampilan yang menarik menjadi salah satu syarat wajib untuk menjalani pekerjaan yang satu ini.

4. Management Trainee

Program ini ditujukan bagi kalian yang baru lulus. Kalian akan diberi sejumlah pelatihan untuk menduduki posisi strategis. Program ini rata-rata akan memakan waktu selama 2 tahun. Kalian akan diberikan bekal materi mengenai seluk beluk perusahaan. Namun proses seleksi untuk program ini tidaklah mudah, kalian mesti mempersiapkan diri untuk bersaing dengan banyak kandidat.

Semua keputusan berada ditangan kalian, pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang sesuai dengan ingin kalian. Jangan sampai karena terlalu banyak memilih sehingga kalian lama untuk memperoleh pekerjaan.

Posting Komentar

0 Komentar