Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lulusan ilmu pemerintahan dituntut agar mempunyai kompetensi unggul pada bidangnya, seperti menguasai konsep dasar dan metodologi ilmu pemerintahan, pemahaman untuk melakukan identifikasi, analisis hingga memberikan solusi atas masalah-masalah yang berhubungan dengan pemerintahan di masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung, hingga mengabdikan diri pada pembangunan masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan kaidah-kaidah serta falsafah hidup bangsa Indonesia.

Dari beberapa kompetensi tersebut terlihat bahwa seorang lulusan ilmu pemerintahan bisa mengaplikasikan ilmunya pada lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah ataupun menjadi seorang konsultasn professional di sektor publik dan privat. Tidak hanya itu lulusan ilmu pemerintahan memiliki cakupan pekerjaan yang sangat luas. Kali ini akan mengulas mengenai prospek kerja jurusan ilmu pemerintahan.

Peluang/Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan

Hubungan Masyarakat di Perusahaan

Bagian dari HRD ini bertanggung jawab untuk menciptakan citra publik dari suatu perusahaan/organisasi. Beberapa tugasnya antara lain merespon permintaan informasi dari media, menulis press release, membangun dan memperkuat hubungan kerjasama dengan berbagai relasi dari prusahaan/organisasi. Kompetensi yang dibutuhkan disamping persyaratan lain yang harus dipenuhi antara lain kemampuan komunikasi, koordinasi dan negosiasi dibutuhkan untuk menunjang kesuksesan karier

Konsultan Profesional Bidang Pemerintahan

Profesi ini pada awalnya hanya menawarkan jasa untuk melakukan survei maupun kebutuhan data kuantitatif, namun saat ini sesuai dengan perkembangan dunia politik, kebutuhan klien semakin kompleks mulai dari strategi pemenangan pemilu, membaca sentiment publik, branding, hingga mengelola isu yang akan dijual atau dalam ini berhubungan dengan program apa yang disukai masyarakat.

Birokrat baik Pusat Maupun Daerah

Menjadi aparat pemerintah yang bertugas baik di kelurahan, kecamatan, kabupeten ataupun pusat merupakan profesi yang tepat untuk lulusan ilmu pemerintahan. Pekerjaan ini yang berhubungan dengan penetapan kebijakan pemerintah, dalam rangka memberikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga yang dibentuk dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat umum serta bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian masyarakat, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Lulusan ilmu pemerintahan bisa berperan sebagai motivator ataupun fasilitator untuk masyarakat sekitar dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
Anggota Partai Politik

sebagai suatu wadah untuk menyampaikan aspirasi, lulusan ilmu pemerintahan bisa menjadi anggota partai politik. Di Indonesia terdapat berbagai partai politik dengan berbagai aliran, dari yang nasionalis hingga religious. Partai politik merupakan salah satu jalur untuk mereka yang ingin berkarier menjadi anggota DPR, ataupun Menteri.

Demikian peluang/prospek kerja jurusan Ilmu Pemerintahan, semoga informasi yang disajikan ini bermanfaat bagi anda dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan jurusan perkuliahan.

Belum ada Komentar untuk "Peluang Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel