Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen Lamaran Kerja

Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen Lamaran Kerja
Seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat segalanya menjadi lebih mudah, pengiriman berkas lamaran kerja pun dipilih perusahaan menggunakan fasilitas email.

Banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem lamaran kerja secara online, ini dilakukan karena dengan sistem online dapat lebih menghemat waktu dan tenaga sebab bisa langsung dilakukan dirumah pelamar tanpa harus pergi ke perusahaan yang hendak dituju.

Saat hendak melamar pekerjaan baik itu melalui email atau formulir online di website perusahaan, anda tentu pernah mengalami permasalahan yaitu ukuran file yang harus di upload jauh lebih besar daripada yang diminta oleh perusahaan.

Contohnya perusahaan hanya menerima file lamaran dengan maksimal 300kb, namun setelah anda selesai membuat lamaran size nya malah lebih dari 1 MB.

Pada tahap ini anda tentu akan mencari berbagai cara bagaimana untuk compress ukuran file yang besar ke ukuran yang lebih kecil.

Saat ini ada banyak alternatif untuk kompres file PDF menjadi lebih kecil. Terdapat dua pilihan untuk mengecilkan ukuran file bisa menggunakan aplikasi offline dan online.

Anda bisa mengecilkan ukuran file dengan menggunakan aplikasi. Jika aplikasi compress size dokumen sedikit agak ribet karena harus mencari di internet kemudian mendownloadnya, anda dapat menggunakan alternatif lain yang lebih mudah, yaitu langsung menggunakan fitur yang ada di website compress dokumen online yang banyak tersedia di internet secara gratis.

Ada banyak situs yang menyediakan fitur untuk mengecilkan ukuran dokumen, website-website ini biasanya juga memiliki fitur lain seperti mengubah format dokumen PDF ke JPG, kompres word ke PDF, menggabung PDF, dan masih banyak fitur lainnya.

Persiapan sebelum compress dokumen secara online

Kita dipermudah dalam mengecilkan ukuran file yang diinginkan dengan adanya situs kompres pdf di internet. Namun sebelum melakukan kompres dokumen anda perlu menyiapkan beberapa hal.

Pastikan koneksi internet anda lancar, jangan sampai koneksi internet anda lambat, hal ini agar pada saat proses upload dokumen, compress, dan download kembali setelah selesai hasilnya maksimal dan tidak terjadi kerusakan pada file yang anda ubah ukurannya.

Siapkan file yang ingin anda compress. Simpan pada folder yang mudah untuk dicari untuk mempermudah proses upload file ke website nantinya.

Sebelumnya jika file yang kamu miliki berformat selain PDF, terlebih dahulu kamu harus mengubahnya ke format PDF, baik menggunakan software office atau fitur yang tersedia di website.

Banyaknya berkas lampiran akan sangat mempengaruhi ukuran file yang anda kompress.
Berkas dokumen yang terlalu banyak akan mengakibatkan file hasil kompres nantinya akan tetap berukuran cukup besar.

Apabila dengan jumlah lampiran yang terlalu banyak dan anda tetap memaksa membuatnya tetap berukuran kecil biasanya akan berakibat file menjadi pecah sehingga tidak terbaca.

Situs kompress dokumen terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi website yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran dokumen lamaran kerja. Situs dibawah ini bisa juga diakses melalui perangkat smartphone anda.
1. Small PDF (smallpdf.com)
2. I Love PDF (ilovepdf.com)
3. PDF Compressor (pdfcompressor.com)
4. PDF 2 Go (pdf2go.com)
5. PDF Candy (pdfcandy.com)
6. Soda PDF (sodapdf.com)
7. Easy PDF (easypdf.com)

Cara Kompress Dokumen Online

Dalam contoh disini menggunakan pdfcompressor.com, berikut caranya.

Buka situs pdfcompressor.com, kemudian pilih upload files
upload file
upload file

Upload file PDF lamaran, anda bisa mengupload lebih dari 1 file untuk sekali proses. Setelah mengupload file, sistem otomatis langsung memproses kompres dokumen, tunggu beberapa saat.
download file
download file
Proses kompres selesai, selanjutnya anda tinggal mendownload file tersebut.

Bagaimana dengan cara kompres dari situs lainnya? Mekanismenya hampir sama saja seperti contoh diatas yang membedakan tampilannya saja.




Itulah cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan compress size dokumen secara online.
Dari situs rekomendasi di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itu jika anda merasa kurang puas dengan hasil yang diinginkan, bisa mencoba website lainnya sampai merasa pas dengan hasil yang diinginkan.

Rata-rata perusahaan meminta pelamar kerja untuk mengirim file dibawah 1 MB, seperti ukuran 100 kb, 200 kb atau 300 kb. Tentunya semakin banyak berkas dokumen yang diminta maka semakin besar juga ukuran filenya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berkas lamaran anda menerima respon dari perusahaan sehingga dapat lanjut ke tahap berikutnya yaitu proses wawancara kerja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengecilkan Ukuran Dokumen Lamaran Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel