Pengertian Digital Marketing Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Digital Marketing Tugas dan Tanggung Jawabnya
Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produknya laku dipasaran mulai dari memperbaiki kualitas produk, melakukan kerja sama dengan banyak chanel dan tentunya mengembangkan media pemasaran atau marketing. Peningkatan dari segala aspek ini merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh pihak perusahaan agar produk yang ditawarkan kepada konsumen tetap eksis dan tidak kalah dengan produk milik pesaing.

Diantara beberapa sektor yang selalu diperbaiki oleh perusahaan demi mencapai kesuksesan, saat ini sektor yang paling gencar mengalami peningkatan adalah sektor marketing. Hal tersebut tidak mengherankan karena memang ujung tombak penjualan adalah marketing, barang yang kurang berkualitas bisa laris manis dipasaran juga karena strategi marketing yang jitu. Oleh karena itu perusahaan juga sangat amat menyadari sehingga kualitas marketing selalu mengalami perbaikan dan peningkatan.

Saat ini sendiri media marketing juga semakin berkembang semenjak hadirnya era digital yang semakin marak dan menjamur seakan mendarah daging dikehidupan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan kebutuhan masyarakat akan internet yang tiap harinya semakin meningkat.

Kita bisa komparasikan pada diri kita masing masing dengan seberapa lama kita tahan untuk tidak memantau ponsel serta sosial media yang kita miliki, tentu sehari kita tidak akan bisa lepas dari smartphone dan sosial media.

Hal ini tentu tidak luput dari tajamnya mata para korporat yang selalu mencari peluang untuk memasarkan produk atau jasa miliknya. Perusahaan juga menyadari kebiasaan masyarakat masa kini yang lebih sering beraktivitas lewat smartphone dan sosial media tidak boleh begitu saja mereka sia siakan karena peluang terbesar mereka ada disitu.

Untuk memasarkan barang atau jasa milik perusahaan kepada netizen mereka juga harus bisa masuk kedalam kebiasaan masyarakat masa kini, dari sinilah awal mula terbentuknya sebuah divisi yang mengadopsi konsep pemasaran dan dipadukan dengan media online yang disebut dengan digital marketing.

Pengertian digital marketing menurut para ahli merujuk pada definisi yang tidak jauh berbeda dengan marketing pada umumnya, hanya saja media yang diakses sebagai usaha pemasaran adalah melalui media online digital.

Cara kerja digital marketing juga lebih simple jika dibanding marketing pada umumnya karena tidak perlu mobile dan hanya perlu akses melalui PC, laptop atau bahkan ponsel canggih yang dimilikinya karena memang inilah yang menjadi kelebihan digital marketing dibanding bagian marketing secara umum.

Saat ini digital marketing Indonesia juga mulai marak, hampir setiap perusahaan memiliki digital marketing. Entah itu berada dalam internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan, konsep digital marketing tetap sama yaitu untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan melalui media online.

Pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang cara kerja, strategi dan profesi digital marketing yang saat ini mulai marak dan gencar dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat pelanggan. Lalu seperti apa tugas dan tanggung jawab digital marketing ini sendiri? Yuk langsung simak saja ulasannya dibawah ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing


1. Menguasai Sosial Media

Tugas dasar digital marketing adalah memasarkan produk melalui media online seperti facebook, instagram, path atau toko online. Kebanyakan digital marketing beroperasi pada aplikasi atau sosial media yang memiliki banyak user, karena memang hal tersebutlah yang menjadi ladang basah untuk mereka.

Fungsi digital marketing yang mencakup pemasaran produk atau jasa perusahaan melalui media online, mengharuskan seorang digital marketing harus menguasai seluruh media online yang memiliki banyak user agar mempermudah pekerjaan mereka.

2. Memaksimalkan Website Perusahaan

Saat ini hampir setiap perusahaan memiliki website pribadi yang bertujuan untuk mengenalkan dan menarik minat konsumen dan tentunya ini juga akan mempermudah pekerjaan seorang digital marketing pada sebuah perusahaan.

Dalam beberapa kasus, website perusahaan tidak dibuat oleh divisi IT melainkan dibuat langsung oleh digital marketing agar lebih bisa meng explore sisi pemasaran pada sebuah website perusahaan. Pada kondisi ini mungkin tugas web developer pada sebuah perusahaan akan tergantikan secara perlahan, kecuali perusahaan yang tidak bergerak dibidang perdagangan.

3. Mempelajari Strategi Pesaing

Hal ini menjadi tugas sekaligus PR seorang digital marketing. Kenapa? Karena jika pesaing memiliki strategi yang jitu untuk memasarkan produk, maka seorang digital marketing dituntut harus dapat meracik startegi yang lebih mujarab dibanding dengan startegi pesaing.

Seorang digital marketing harus jeli melihat kelemahan strategi pesaing untuk melakukan invers strategi yang akan diterapkan dalam pemasarannya. Dalam kondisi ini, seorang digital marketing dituntut untuk dapat memunculkan ide ide kreatif melalui pemasaran produk atau jasa perusahaan, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan profit perusahaan.

4. Membuat Konten yang Menarik

Banyak cara yang bisa dilakukan seorang digital marketing untuk memasarkan produknya di media online, salah satunya adalah melalui iklan. Untuk menguasai digital marketing, seorang digital marketer harus mampu membuat konten iklan yang menarik agar konsumen tertarik untuk melihatnya. Iklan yang dibuat oleh seorang digital marketing akan ditampilkan secara acak dibanyak sosial media seperti facebook, instagram dan media online lainnya.

Iklan yang menarik tidak harus berbentuk ramai akan gambar dan warna, ada pula iklan yang hanya berbentuk tulisan untuk memancing rasa penasaran konsumen. Inilah mengapa seorang digital marketing harus kreatif dalam membuat sebuah iklan karena iklan tersebut wajib tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dia iklankan.

5. Menguasai Ilmu SEO

Digital marketing adalah orang yang bertugas memasarkan barang perusahaan melalui media online sehingga cara kerja digital marketing tidak akan jauh dengan dunia online. Hal ini mengharuskan seorang digital marketing untuk mampu menguasai teknik SEO yaitu melakukan optimasi terhadap website bisnis milik perusahaan.

Optimasi ini bisa dilakukan dengan membuat strategi yang jitu sebelum diterbitkan ke sebuah website atau sosial media. Hal ini akan mempermudah konsumen melakukan pencarian di mesin pencari pada PC, laptop ataupun smartphone mereka.

Demikian ulasan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing yang telah selesai diulas untuk teman semua. Ada dua jenis digital marketing yaitu yang bekerja pada sebuah perusahaan atau yang bersifat open order. Untuk digital marketing yang ada pada penjelasan diatas lebih menjurus pada digital marketing yang bekerja secara paten untuk perusahaan.

Sebenarnya untuk pekerjaan, tidak ada yang berbeda antara digital marketing perusahaan dan digital marketing yang open order. Hanya saja jika digital marketing open order hanya akan bekerja ketika mendapat orderan dari perusahaan yang membutuhkan jasanya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Digital Marketing Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel