Pengertian Marketing Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Marketing Tugas dan Tanggung Jawabnya
Seperti dikutip dari laman Wikipedia pemasaran didefinisikan oleh American Marketing Association sebagai "aktivitas, kumpulan institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan pertukaran penawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas." Istilah dikembangkan dari makna asli yang dimaksud secara harfiah ke pasar dengan barang untuk dijual. Dari perspektif rekayasa proses penjualan, pemasaran adalah "sekumpulan proses yang saling terkait dan saling bergantung dengan fungsi lain" dari bisnis yang bertujuan untuk mencapai ketertarikan dan kepuasan pelanggan.
Chartered Institute of Marketing mendefinisikan pemasaran sebagai "proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan." Konsep serupa adalah pemasaran berbasis nilai yang menyatakan peran pemasaran untuk berkontribusi pada peningkatan nilai pemegang saham. Dalam konteks ini, pemasaran dapat didefinisikan sebagai "proses manajemen yang berusaha memaksimalkan keuntungan bagi pemegang saham dengan mengembangkan hubungan dengan pelanggan yang berharga dan menciptakan keunggulan kompetitif."

Proses pemasaran adalah membawa produk ke pasar. Dengan demikian, langkah-langkahnya meliputi, riset pasar yang luas; penargetan pasar dan segmentasi pasar; menentukan strategi distribusi, penetapan harga dan promosi; mengembangkan strategi komunikasi; penganggaran; dan visi tujuan pembangunan pasar jangka panjang. Banyak bagian proses pemasaran (misalnya desain produk, arahan, manajemen merek, periklanan, Copywriting dll.) Melibatkan penggunaan seni kreatif.

'Konsep pemasaran' mengusulkan bahwa untuk memenuhi tujuan organisasi, organisasi harus mengantisipasi kebutuhan dan keinginan konsumen dan memuaskannya secara lebih efektif daripada pesaing. Konsep pemasaran dan pemasaran berhubungan langsung. Mengingat pentingnya kebutuhan dan keinginan pelanggan dalam pemasaran, pemahaman yang kaya akan konsep-konsep ini sangat penting:
  • Kebutuhan: Sesuatu yang perlu bagi orang untuk menjalani kehidupan yang sehat, stabil dan aman. Bila kebutuhan tetap tidak terpenuhi, ada hasil buruk yang jelas: disfungsi atau kematian. Kebutuhan bisa bersifat obyektif dan fisik, seperti kebutuhan akan makanan, air dan tempat tinggal; atau subjektif dan psikologis, seperti kebutuhan untuk menjadi anggota keluarga atau kelompok sosial dan kebutuhan untuk harga diri.
  • Keinginan: Sesuatu yang diinginkan, diinginkan atau dicita-citakan. Keinginan tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar dan sering dibentuk oleh budaya.
  • Permintaan: Bila kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan membayar, mereka berpotensi menjadi tuntutan ekonomi.

Riset pemasaran, yang dilakukan untuk pengembangan produk baru atau peningkatan produk, seringkali berkaitan dengan identifikasi kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi. Kebutuhan pelanggan sangat penting bagi segmentasi pasar yang berkaitan dengan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda berdasarkan "kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin memerlukan produk terpisah atau campuran pemasaran." Segmentasi berbasis kebutuhan (juga dikenal sebagai segmentasi manfaat) "menempatkan keinginan pelanggan di garis depan bagaimana perusahaan mendesain dan memasarkan produk atau layanan."

Meskipun segmentasi berbasis kebutuhan sulit dilakukan dalam praktik, telah terbukti menjadi salah satu cara paling efektif untuk menyegmentasikan pasar. Selain itu, banyak iklan dan promosi dirancang untuk menunjukkan bagaimana manfaat produk tertentu memenuhi kebutuhan, keinginan, atau harapan pelanggan dengan cara yang unik.

Tujuan Marketing / Pemasaran

Pemasaran bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan melalui pengembangan strategi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan dengan mempromosikan produk, layanan atau gagasan.
 

Tugas & tanggung jawab

  • Mengembangkan kampanye pemasaran
  • Melakukan penelitian dan menganalisis data untuk mengidentifikasi dan menentukan khalayak
  • Merancang dan menyajikan ide dan strategi
  • Melakukan aktivitas promosi
  • Mengorganisir acara dan pameran produk
  • Mengkoordinasikan pemasaran internal dan budaya organisasi
  • Mengelola kampanye di media sosial

*sumber : http://jobsinfopedia.blogspot.com

Posting Komentar

0 Komentar