Pengertian Teller Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Teller Tugas dan Tanggung Jawabnya
Pada dunia kerja tentunya terdapat bagian-bagian dan posisi tertentu yang diisi dan dijabat oleh seseorang dengan kualifikasi dan keahlian dibidangnya. Hal ini akan mempermudah seorang karyawan dalam menjalankan pekerjaannya sesuai jobdesk yang ditanggung oleh seorang karyawan. Beberapa dari anda mungkin masih bingung dan belum tahu tentang perbedaan tugas teller dan customer service, bahkan mungkin ada yang menganggap teller dan customer service itu sama tugas dan fungsinya dalam sebuah bank.

Sebelumnya silahkan anda mengenal dulu pengertian teller agar lebih mengerti dan jelas. Mungkin yang ada dalam bayangan anda adalah seorang yang ada di bank dengan usia yang belum terlalu tua, serta berpakaian rapi dan wajah yang cantik/tampan. Apa yang anda bayangkan tentu tidak salah, karena itu semua memang merupakan beberapa syarat menjadi teller bank. Namun perlu anda tahu ketika anda berada di bank dan bertemu petugas ataupun karyawan dengan ciri-ciri yang sudah ada diatas maka belum tentu dia adalah teller. Karena petugas bank dengan pakaian dan penampilan seperti itu bukan Cuma teller namun juga CS atau customer service. Lalu apa perbedaannya? Tentu saja sangat berbeda, tugas customer service bank atau tugas CS hanya menangani pelayanan yang bersifat non perbankan. Sedangkan teller merupakan seorang petugas dari pihak bank yang berfungsi dan bertugas melakukan pelayanan kepada nasabah atau customer yang berhubungan dengan transaksi keuangan perbankan, baik tunai maupun non tunai. Baik itu tugas teller bank BCA, bank Mandiri, bank BRI, bank BNI maupun beberapa bank lain tugasnya adalah sama, yang membedakan adalah gaji teller bank. Karena sistem penggajian teller bank adalah sesuai UMK daerah masing-masing tempat teller itu bekerja.

Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank Sesuai Jobdesk dan Kewajibannya

1. Melakukan pengecekan

Seorang teller harus melakukan pengecekan terhadap semua perlengkapan transaksi diantaranya alat pengecek uang paslu, alat penghitung uang dan beberapa peralatan lain yang harus disiapkan. Karena ketika seorang teller sudah mulai menjalankan tugasnya, dia tidak akan memiliki waktu bersantai sampai jam istirahat tiba. Sehingga semua peralatan harus dipersiapkan dengan baik dari sebelum mulai bekerja.

2. Good Person

Bekerja sebagai seorang teller selalu dituntut untuk menjadi pribadi yang baik. Silahkan anda lihat sendiri saat seorang teller berinteraksi dengan customer. Bertemu dengan customer sabar, ramah, ataupun yang marah-marah dia pasti tidak terbawa emosi dan menghadapi customer dengan tersenyum. Seorang teller selalu berusaha bekerja dan melayani secara professional.



3. Ramah

Seorang teller juga harus selalu ramah kepada setiap customer. Sangat disalahkan apabila seorang teller pilih-pilih terhadap customer yang sedang dilayani. Meskipun customer tersebut tidak ramah, namun sebagai seorang teller yang profesional, harus selalu ramah dan melayani dengan sepenuh hati serta profesional karena dengan menjadi ramah adalah merupakan salah satu cara menjadi teller yang baik.

4. Good Looking

Selain dituntut untuk menjadi seseorang dengan pribadi yang baik dan professional, seorang teller juga dituntut untuk tampil menarik dan maksimal, tujuannya tetap adalah untuk menarik nasabah agar merasa nyaman berada di bank tempat teller bekerja.

5. Melakukan Transaksi

Seorang juga membantu untuk melayani penariakan ataupun setor uang baik tunai maupun non tunai kepada nasabah. Disamping itu seorang teller juga harus melakukan perhitungan dan mengkonfirmasi jumlah uang didepan nasabah agar tidak terjadi missed communication antar dua pihak.

6. Melakukan Update Data

Setelah selesai melayani nasabah bertransaksi, seorang teler harus segera melakukan update data transaksi tersebbut pada sistem komputer bank yang sudah disediakan.

7. Memberikan Update Transaksi

Setelah melakukan update data, kemudian data yang telah dimasukkan ke dalam sistem bank harus dicetak dan diberikan kepada nasabah sebagai bukti pada hari tersebut nasabah telah melakukan transaksi.

8. Bertanggung Jawab

Bisa dikatakan bagian inilah yang membuat seorang teller pusing kepala. Bagaimana tidak, seorang teller harus bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan perhitungan. Untuk itu seorang teller dituntut agar selalu teliti melakukan perhitungan uang, karena apabila terjadi kesalahan, maka teller yang bersangkutan yang akan mengganti sejumlah uang sesuai dengan salah hitung yang dilakukan.

Demikian ulasan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Teller Bank Sesuai Jobdesk dan Tanggung Jawabnya. Perlu anda ketahui meskipun tanggung jawab dan tugas seorang teller bank hanyalah membimbing dan melayani nasabah, hal tersebut ternyata bukanlah hal yang mudah karena perlu kesabaran dan ketlatenan. Semoga dapat menambah wawasan anda tentang pekerjaan sebagai seorang teller.

Posting Komentar

0 Komentar