Pengertian Web Developer Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Web Developer Tugas dan Tanggung Jawabnya
Di dalam sebuah strategi penjualan, kegiatan marketing menjadi ujung tombak untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana tidak, sebagus apapun barang yang akan dijual tentu akan sangat sulit mencari pelanggan jika belum dikenal secara luas. Banyak sekali metode yang dapat dilakukan untuk mengenalkan produk perusahaan kepada pelanggan, salah satunya adalah dengan promosi menggunakan jasa sales/ marketing yang memang Tugas Marketing salah satunya adalah promosi produk.

Selain menggunakan jasa marketing untuk melakukan kegiatan promosi, di era yang modern seperti saat ini ternyata banyak pula perusahaan yang memperkenalkan brand perusahaan mereka melalui sebuah blog ataupun website agar lebih dapat mencakup customer secara lebih luas.

Dalam pembuatan blog/ website untuk promosi produk dagang ini tentunya tidak dilakukan secara sembarangan, karena ketika sebuah website untuk promosi terlihat kurang profesional dan meyakinkan maka dapat dipastikan bahwa customer tidak akan merasa tertarik untuk mengunjungi website tersebut apalagi untuk membeli produk barangnya. Oleh karena itu, website atau blog perusahaan yang berfungsi untuk memasarkan/ mengenalan produknya pada customer haruslah terlihat elegant dan profesional agar dapat meyakinkan pelanggan. Maka dari itulah sebuah perusahaan biasanya mencari seorang web programmer adalah untuk memegang bagian website ini agar dapat membantu kelancaran proses penjualan perusahaan. Selain web programmer ternyata masih ada web administrator, web designer serta web master lho.

Nah kira kira apa saja ya tugas dari masing masing pengelola website/ blog dalam perusahaan? Yuk langsung kita simak ulasan dibawah ini tentang Tugas dan Tanggung Jawab Web Developers dalam Perusahaan agar teman teman tidak bingung lagi tentang beberapa tugas untuk pembuatan dan pemeliharaan website perusahaan ini.

Tugas dan Pengertian Web Programer dalam Perusahaan

1. Web Designer

Web developers memiliki arti pembangun dan pengembang website/ blog, nah jika yang kita bicarakan adalah tugas web developers dalam perusahaan maka tugasnya adalah membangun dan mengmbangkan website milik perusahaan sesuai dengan tujuan dibuatnya blog tersebut. Sebenarnya tugas web developers dalam perusahaan mencakup 2 bagian yaitu web design dan juga web programmer, dari namanya saja sudah dapat dilihat bagaimana perbedaan contoh web developer ini bertugas nantinya. Seorang web designer dalam perusahaan memiliki tugas :
  • Membuat gambar dengan media editing ataupun membuat gambar ori untuk keperluan perusahaan yang nantinya gambar ini nanti akan disisipkan dalam blog/website perusahaan.
  • Melakukan penataan layout untuk penempatan banner, logo, link, animasi, iklan ataupun lainnya dalam sebuah website.
  • Melakukan penataan website mulai dari halaman pertama sampai terakhir agar sesuai dengan struktur web yang diinginkan oleh perusahaan.
  • Melakukan pemantauan apakah penataan yang dilakukan sudah teraplikasi dengan benar dalam sebuah blog/ website perusahaan.

2. Web Programmer

Tugas kedua seorang web developers adalah sebagai web programmer. Tugas web programmer dalam perusahaan dapat dikatakan lebih rumit daripada tugas web designer, karena memang seperti namanya pengertian web programer adalah untuk membuat program dalam sebuah website, selain itu tugas lain dari web programmer adalah :
  • Membagi tugas pemrograman yang telah dia buat
  • Melakukan koding atau pengkodean program yang ada dalam website
  • Memasukkan data perusahaan yang diperlukan untuk dimuat dalam sebuah blog/ website perusahaan
  • Membuat dan menciptakan script untuk akses database dan menghubungkannya ke dalam tabel database
  • Melakukan pengujian kinerja program yang telah dibuat oleh seorang web programmer
  • Menerangkan carakerja program yang telah dibuat agar dapat dioperasikan oleh web designer.

3. Web Administrator

Selain dua tugas diatas ada lagi yang disebut dengan web administrator. Pengertian web administrator adalah seseorang yang menjalankan operasional serta pemeliharaan website dalam perusahaan. Web administrator sebenarnya tidak masuk dalam kategori web development karena tugas web administrator tidak ikut membangun sebuah website perusahaan, namun hanya mengelola dan mengoperasikan website yang sudah jadi. Tugas web administrator adalah :
  • Melakukan instalasi domain website ke dalam hosting
  • Melakukan update terkait konten atau isi website perusahaan
  • Melakukan update image serta halaman yang masih dibutuhkan atau tidak diperlukan dalam website perusahaan

4. Web Master

Jika sebuah perusahaan memiliki seorang web master sebagai karyawannya, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut tidak memerlukan seorang web designer, web programmer ataupun web administrator lagi karena seorang web master pasti sudah memiliki segala aspek tersebut. Tugas web master bukan hanya melakukan 3 jobdesk diatas, karena memang seorang web master pasti lebih paham dan mengerti tentang dunia website, untuk itu akan sangat menguntungkan jika sebuah perusahaan memiliki web master sebagai karyawannya. Namun, akan sangat sulit jika sebuah perusahaan mencari seorang web master untuk dijadikan karyawan karena meskipun gaji seorang web developer bisa dikatakan menggiurkan nyatanya kebanyakan web master lebih dapat melihat potensi dalam dirinya dan menjadikan potensi tersebut sebagai peluang dengan mendirikan websiteya sendiri.

Cara menjadi web programmer tentu tidak sama dengan web designer keduanya memiliki dasar keilmuan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi teman teman untuk memahami posisi ini jika sewaktu waktu mendapat tawaran bekerja sebagai web developers dalam perusahaan teman teman sudah mengerti jobdesk web developers yang akan teman teman pegang, sebenarnya memang segala ilmu dapat dipelajadi dengan pengalaman namun alangkah lebih baik jika teman teman dapat bekerja sesuai dengan basic yang teman teman miliki.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Web Developer Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel