5 Tips Untuk Lulusan Baru Agar Dapat Kerja

5 Tips Untuk Lulusan Baru Agar Dapat Kerja
Mencari pekerjaan adalah tantangan baru bagi lulusan baru. Karena, pekerjaan pertama sangat penting bagi karir masa depan. Salah satu kunci keberhasilan dalam mencari pekerjaan bagi lulusan baru adalah dengan menawarkan keterampilan yang dicari perusahaan. Nilai-nilai yang tercantum pada ijazah dan transkrip nilai bukanlah segalanya.

Sebagai lulusan baru, Anda juga diharapkan memiliki kemampuan, minat dalam pekerjaan, serta kepribadian yang baik. Selain itu, Anda juga harus memiliki tujuan yang jelas ketika mencari pekerjaan. Biasanya ini selalu ditanyakan selama sesi wawancara. Untuk lebih jelasnya, simak tips berikut untuk lulusan baru dalam mendapatkan pekerjaan.


Atur Strategi

Agar dapat bekerja dengan cepat, Anda harus memiliki strategi. Misalnya, dalam melakukan penelitian tentang posisi yang Anda lamar, memperbarui CV Anda, dan memperluas pengalaman Anda.

Membuat Catatan

Jangan lupa mencatat setiap panggilan yang Anda terima. Dengan demikian, Anda dapat menyiapkan dokumen pendukung, termasuk portofolio yang diminta oleh perusahaan selama sesi wawancara. Selain itu, simpan nomor kontak HRD atau orang yang mengundang Anda ke wawancara. Yang paling penting, tandai waktu wawancara di kalender Anda agar tidak terlewatkan.

Follow Up

Setelah menghadiri sesi wawancara, tidak ada yang salah dengan Anda menindaklanjutinya. langkah ini membuat Anda selangkah lebih maju untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, misalnya dengan secara aktif membalas email dari perusahaan. Namun, pastikan Anda tidak meneror perusahaan dengan mengirim email berulang kali.

Lakukan sesuatu yang menunjukkan profesionalisme Anda. Misalnya, kirim ucapan terima kasih setelah wawancara sehingga Anda diingat oleh perekrut.


Manfaatkan koneksi

Manfaatkan juga teman, kenalan, kerabat, bahkan mantan rekan kerja untuk mendapatkan informasi karier sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Namun, pastikan Anda meminta informasi secara halus. Anda dapat membuka percakapan ringan sambil menunjukkan minat di bidang. Anda seharusnya tidak secara terbuka meminta pekerjaan, bahkan jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Terbukalah

Mungkin ada saatnya ketika Anda menerima panggilan wawancara kerja di luar harapan Anda. Cobalah untuk memenuhi panggilan. Siapa tahu, karier Anda dimulai di sana, dan akhirnya menghasilkan sukses.

Demikian tadi 5 tips untuk lulusan baru agar dapat kerja. Persiapkanlah diri sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar