Bagi Pemula ini Cara Jitu Menghadapi Interview Kerja

Bagi Pemula ini Cara Jitu Menghadapi Interview Kerja
Untuk pencari kerja bagi pemula, kesenangan bercampur dengan kegugupan dan kecemasan sering muncul ketika akan menghadapi wawancara kerja. Tentunya ini tidak mengejutkan karena ini adalah pengalaman pertama mereka. Namun, jangan biarkan perasaan gugup dan cemas itu menyebabkan Anda gagal dalam wawancara. Jadi, singkirkan perasaan ini dan mulailah mempersiapkan diri Anda sepenuhnya.

Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, berikut adalah cara untuk menangani wawancara kerja untuk pemula yang perlu Anda ketahui.


Pelajari Tentang Perusahaan

Ketika Anda mendapat panggilan untuk wawancara, Anda mungkin tersenyum bahagia. Tapi tunggu, sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menghadapinya? Jangan terlalu senang untuk tidak membekali diri Anda dengan informasi yang cukup tentang perusahaan. Jadi, pelajari tentang perusahaan tempat Anda melamar sesegera mungkin.

Bukan hanya informasi secara umum, tetapi lebih detail tentang perusahaan. Baik melalui situs resmi maupun berita. Ini penting agar Anda dapat mengetahui visi dan misi perusahaan dan bagaimana keterampilan Anda dapat cocok dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Maksimalkan Penampilan

Sebagai pemula yang datang untuk wawancara kerja, Anda tidak harus mengesampingkan penampilan. Jangan hanya datang, tetapi berikan penampilan terbaik dan semenarik mungkin. Seperti mengenakan pakaian yang rapi dan bersih, menggunakan sepatu bersih, menata rambut Anda dengan rapi, dan menggunakan sedikit parfum sehingga tidak bau badan.

Jangan lupa tersenyum. Dengan tersenyum, Anda akan terlihat lebih percaya diri. Sebaliknya, tidak peduli seberapa menarik Anda terlihat tetapi pelit senyum, itu akan menjadi nilai minus untuk Anda.

Lakukan Kontak Mata

Tip lain untuk menghadapi wawancara kerja untuk pemula adalah untuk selalu menjaga kontak mata. Berikan tampilan penuh percaya diri tetapi bukan tatapan angkuh, sombong. Kontak mata yang intens ketika diundang untuk berbicara menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri. Sehingga membuat orang lain percaya dengan apa yang Anda katakan, selama itu tidak berlebihan.

Ini masalah jika Anda selalu menghindari kontak mata. Itu bisa memberi kesan bahwa Anda tidak yakin dengan apa yang Anda katakan. Bisa juga berarti Anda berbohong. Tentu saja ini tidak baik untuk penilaian Anda.

Jelaskan Tentang Diri Anda

Di mana pun Anda melakukan wawancara pekerjaan, pertanyaan tentang siapa Anda akan selalu muncul. Tentu saja, bagaimana perusahaan dapat menerima Anda bekerja sebelum mengenal seluk beluk Anda. Ini penting untuk dipertimbangkan apakah Anda cocok atau tidak dengan pekerjaan itu. Jadi, ceritakan latar belakang Anda.

Termasuk pendidikan dan keterampilan yang Anda miliki secara singkat solid dan jelas. Jangan berputar-putar. Dari cerita itu, lebih sedikit pewawancara akan tahu dan mengenal latar belakang Anda. Oh ya, ketika Anda menceritakan tentang diri Anda, tunjukkan kepercayaan diri. Jangan melepaskan kontak mata dan jangan lupa untuk tersenyum.

Jelaskan Alasan yang Tepat

Pertanyaan yang sering diberikan kepada pelamar saat wawancara adalah apa alasan Anda mengajukan lamaran kerja di perusahaan. Tujuannya agar Anda dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Berikan alasan yang masuk akal dan obyektif tanpa terlihat membual atau "menjilat" dengan keinginan untuk diperhatikan. Jika ya, jangan berharap lulus wawancara. Tetapi juga jangan hanya memberikan jawaban, karena hanya satu kata mempengaruhi nilai Anda.

Jelaskan Kekuatan yang Anda Miliki

Kadang-kadang sebagai pemula merasakan dilema ketika diminta untuk menjelaskan apa kekuatan mereka. Saat menghadapi wawancara kerja untuk pemula, merasa gugup itu normal tetapi cobalah untuk tidak terlalu ditampilkan. Untuk itu, ketahui kekuatan Anda yang sesuai untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Kemudian jelaskan apa kekuatan Anda secara singkat tapi solid sesuai dengan kenyataan. Sehingga perusahaan akan merasa rugi jika harus merekrut anda.

Jangan melebih-lebihkan kemampuan yang sebenarnya tidak Anda miliki. Alih-alih menjadi malu sendiri karena apa yang Anda jelaskan tidak cocok dengan fakta.

Menghadapi wawancara kerja untuk pemula tidaklah mudah. Selain pengalaman pertama, banyak hal baru yang perlu Anda pelajari karena belum pernah diajarkan secara detail di sekolah atau kampus. Namun, yang terpenting adalah kesiapan mental, berusaha untuk selalu tenang dan rileks sehingga tidak ada perasaan tertekan. Dan jangan lupa untuk hadapi dengan antusias.

Posting Komentar

0 Komentar