Menghadapi Hari Pertama Kerja untuk Fresh Graduate

Menghadapi Hari Pertama Kerja untuk Fresh Graduate
Sebagai fresh graduate yang mulai bekerja untuk pertama kalinya, tentu saja Anda akan menghadapi berbagai tantangan. Ketakutan utama Anda adalah ketidaktahuan akan dunia kerja yang sebenarnya, dinamika kantor, dan sebagainya.

Datang Lebih Awal

Jika Anda gugup, datanglah lebih awal, setidaknya 15-30 menit sebelum jam kantor pada hari pertama. Dengan waktu luang itu, Anda bisa tenang dengan minum kopi di lobi, dan berlatih memperkenalkan diri agar Anda bisa memberi kesan pertama yang baik. Anda juga dapat membaca berita tentang perkembangan industri sebagai hal yang baik ketika memulai percakapan dengan teman baru.

Anda juga dapat menggunakan waktu luang itu untuk mengurus administrasi. Misalnya, jika Anda memerlukan kartu pass dan keanggotaan untuk memarkir kendaraan untuk memasuki area kantor setiap hari.

Buat Kesan Pertama yang Baik

Hari pertama fresh graduate bekerja akan diisi dengan perkenalan, berjabat tangan dan senyuman. Anda perlu memikirkan bagaimana untuk meninggalkan kesan yang baik setiap kali anda bertemu orang baru. Anda mesti mengingat nama rekan sekerja yang baru dikenal. Salah satu cara ialah mengulangi sebutan nama mereka setelah berkenalan.

Bertanya Apabila Tidak Tahu

Sebagai orang baru yang tidak tahu banyak, Anda perlu bertanya berbagai hal, mulai dari sistem kerja, cara menggunakan peralatan kantor, hingga posisi toilet dan pantry. Anda bisa bertanya kepada bos atau rekan kerja Anda. Jangan malu, apalagi takut. Mereka akan memahami ketidaktahuan fresh graduate yang sedang menjalani pengalaman pertamanya di dunia kerja.

Namun, batasi diri Anda untuk menanyakan hal-hal yang sangat penting. Terkadang, bertanya terlalu banyak bisa mengganggu orang lain. Jika Anda bisa berpikir kreatif dan mencoba menyelesaikan masalah Anda sendiri, maka Anda akan lebih dihargai. Tetapi, jika Anda gagal atas inisiatif Anda sendiri, maka tanyakan saja pada seseorang yang lebih tahu.

Mendengarkan dan Belajar

Ketika bos atau rekan kerja Anda menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang Anda minta, pastikan untuk mendengarkan dan menyerap penjelasan mereka dengan baik. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan rekan kerja yang baik yang ingin membimbing Anda secara langsung. Selain belajar dari orang-orang yang berpengalaman, Anda juga dapat mencari informasi dari sumber lain, misalnya dengan berselancar di dunia maya. Kemudian, Anda bisa menerapkannya pada pekerjaan Anda sendiri. Jika upaya pertama gagal, Anda bisa mencari tahu dan belajar dari kesalahan.

Jangan Pulang Lebih Awal

Setelah bekerja, Anda dapat menjalin pertemanan baru dengan rekan kerja. Jika ada beberapa rekan yang mengajak nongkrong di kafe sepulang kantor, maka jangan lewatkan kesempatan. Anda dapat memperkenalkan diri lebih jauh sambil menggali lebih dalam hal-hal yang terkait dengan dinamika kerja dan kantor dalam suasana yang lebih santai.

Beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan ketika mengobrol santai setelah bekerja, misalnya tentang budaya kantor, aktivitas selain bekerja, ke tempat makan siang favorit kolega Anda. Anda bahkan dapat bertanya bagaimana pengalaman kerja pertama seorang rekan kerja baru saja menjadi fresh graduate. Dari cerita itu, Anda bisa belajar pelajaran berharga.

Dengan kemampuan beradaptasi yang baik, Anda dapat menjalani hari pertama bekerja sebagai fresh graduate dengan lebih lancar. Ingat, bahkan jika Anda adalah orang baru dan "anak bawang" di kantor, bukan berarti Anda bisa disuruh-suruh seenaknya oleh rekan kerja lainnya. Anda harus tetap sopan. Tetapi tunjukkan bahwa Anda setara dan mampu bekerja seperti mereka.

Posting Komentar

0 Komentar