Tips Mengurangi Gugup Saat Wawancara Kerja Bagi Introvert

Tips Mengurangi Gugup Saat Wawancara Kerja Bagi Introvert
Menghadapi wawancara kerja pastinya merupakan salah satu momen menegangkan pada hidup seorang pencari kerja. Terlebih lagi untuk seorang introvert. Perasaan cemas dan gugup tentunya akan lebih intens terasa.

Introvert itu sendiri pasti terasa aneh untuk mempromosikan dirinya sendiri. Orang introvert juga seringkali sulit untuk mengekspresikan pikiran mereka secara lisan atau berbicara. Padahal berbicara dan berkomunikasi dalam wawancara adalah faktor yang paling penting.

Maka dari itu introvert mesti memikirkan tips dan trik untuk menghadapi wawancara kerja. Beberapa tips ini akan membantu introvert untuk mengurangi rasa gugup dan menghadapi wawancara. Ayo, perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini.


1. Bukan kekurangan, jadikan sifat tenang kekuatan

Tanamkan dalam diri Kalian bahwa Kalian adalah orang yang dicari perusahaan. Jangan menganggap bahwa sifat tenang Kalian sebagai kekurangan. Orang yang paling menjengkelkan bukanlah orang yang berbicara sedikit, tetapi orang yang banyak berbicara. Alih-alih khawatir tentang bagaimana Kalian akan berbicara lebih baik Kalian mempersiapkan jawaban yang baik dengan sederhana, seperti gaya Kalian sejauh ini.

2. Kenali calon perusahaan dan pekerjaan kalian, pengetahuan adalah senjata

Di masa sekarang, pengetahuan dan informasi adalah senjata utama untuk sukses. Gunakan rasa ingin tahu Kalian yang tinggi sebagai senjata Kalian dalam menyelidiki perusahaan tempat Kalian melamar.

Cari tahu cara perusahaan Kalian bekerja, cara kerjanya nanti. Kenali juga budaya kerja di sana. Gunakan data dan informasi yang Kalian temukan sebagai pelengkap percakapan Kalian dalam wawancara.

Introvert biasanya akan sangat ahli dalam topik yang dia sukai. Menguasai data dan informasi tentang perusahaan yang akan dilamar. Jika Kalian menguasainya, kata-kata Kalian akan mengalir secara alami dan penjelasan Kalian akan keren untuk diutarakan ke HRD.

3. Jadikan portofolio semenarik mungkin

Alih-alih berbicara banyak, Kalian lebih baik membawa portofolio pekerjaan Kalian dan menunjukkannya langsung. Kalian juga dapat membuat portofolio online. Kumpulkan semua karya terbaik dan paling kalian banggakan.

HRD akan merekrut pekerja yang memiliki bakat, daripada berbicara lebih baik langsung menunjukkan pekerjaan Kalian dan hasil pekerjaan. Membuat portofolio juga akan membuat fokus HRD pada pekerjaan Kalian dan kekurangan Kalian mungkin tidak terlalu terlihat di mata mereka.

4. Jadikan internet sebagai teman terbaik

Hubungan yang baik dengan teman, kerabat, dan kolega tentunya akan memberi Kalian banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi bagi seorang introvert hal ini mungkin membuat Kalian sedikit tidak nyaman. Tapi tenang saja kawan, kalian masih bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Setiap perusahaan besar hingga startup selalu memiliki media sosial. Kalian dapat menggunakan media sosial ini untuk mengirim aplikasi dan portofolio Kalian. Tulis dan buat semenarik mungkin untuk profil tertaut Kalian.

Kebanyakan introvert pkaliani dalam menulis, tulislah apa yang ingin Kalian sampaikan kepada perusahaan yang akan Kalian tuju, saat ini ada banyak perusahaan yang merekrut karyawan hanya dengan melihat media sosial mereka.

5. Berlatihlah sebanyak mungkin

Posisikan diri Kalian sebagai seseorang yang ingin merekrut karyawan baru. Coba pikirkan pertanyaan apa yang ingin diajukan oleh perekrut. Cari jawaban terbaik Kalian, dan berlatih menjawabnya. Dengan sering berlatih menjawab pertanyaan acak dari perekrut Kalian akan lebih mudah untuk menjawab, dan perasaan gugup dan gugup Kalian akan berkurang.

Posting Komentar

0 Komentar