Tips Menjadi Partner Kerja Yang Profesional

Tips menjadi partner kerja yang profesional
Bekerja dengan profesional adalah penting, seperti membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Ada saat-saat ketika kalian tahu bagaimana rekan kerja memandang kalian. Jika kalian merasa ada sesuatu yang aneh, mungkin ada sesuatu yang salah.

Sikap profesional sangat dibutuhkan di mana pun kita bekerja, terlebih lagi jika bentuk pekerjaan kita mencakup kerja tim atau melibatkan banyak orang dalam lingkup yang sama. Dalam hal ini sikap profesional yang dimaksud mencakup bagaimana kita menjalin hubungan yang harmonis dengan kolega. Jadi peran partner kerja sedikit lebih membantu bagi kita untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, sehingga kita lebih menikmati bekerja dan tidak membuat pekerjaan menjadi beban. Seorang partner kerja terkadang juga memberi kita rasa nyaman, sehingga konsentrasi tidak terganggu karena suasana kerja sangat mendukung.

Berikut ini adalah tips untuk bersikap profesional dengan partner kerja

1. Hindari bergosip

Tentu saja kalian perlu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja. Tetapi jika ada rekan kerja yang mulai bercerita gosip, kalian harus menjaga gosip itu sendiri dan jangan biarkan orang lain mengetahuinya.

Usahakan untuk tidak menjadi sumber gosip di kantor. Memang, godaan untuk bergosip sulit ditolak, tetapi menjadi gosip dapat merusak karier kalian. Jangan merusak ‘image’ kalian hanya karena kalian bergosip.

2. Hindari rasa "Menjatuhkan"

Sikap kompetitif terkadang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Namun jangan sampai sikap justru memberi kecenderungan untuk menjatuhkan. Selain tidak berguna bagi kalian sendiri, ada kemungkinan orang lain akan menilai kalian sebagai orang yang tidak profesional di pekerjaan.

3. Menjadi Orang yang Positif

Membangun kepribadian dan karakter positif dapat kita mulai dari lingkungan kerja. Kepribadian dan karakter positif membantu kita menghindari semua hal negatif seperti mengeluh tentang pekerjaan yang dilakukan, gaji kecil, tidak pernah dipromosikan untuk posisi yang lebih tinggi, dan sebagainya. Dalam hal ini kita harus menjaga agar tidak menjadi orang yang mengeluh karena hal itu membuat kita menjadi rekan kerja yang mengganggu di mata kolega lain.

4. Diam adalah emas

Jika ruang kerja kalian tidak terlalu lebar, cobalah untuk berbicara dengan lembut ketika kalian berbicara di telepon. Perhatikan kolega kalian yang ada di sekitar kalian. Jangan biarkan suara ponsel kalian mengganggu konsentrasi mereka. Ada baiknya jika mengubah volume dering ponsel dengan level terendah. Jika kalian menggunakan ponsel, pastikan juga ponsel dalam mode 'hening'.

5. Jadi Partner Kerja Yang Baik

Partner kerja yang baik adalah yang bisa saling dukung dan memberi motivasi penuh. Cara lainnya untuk dapat jadi partner yang baik bukan hanya terbatas pada dorongan, namun juga membantu dalam banyak hal. Seperti saat pekerjaan kalian selesai sedangkan teman kalian belum, berikan bantuan bahkan jika kalian hanya menemaninya lembur atau membelinya secangkir teh.

6. Bekerja sama dengan baik

Kalian memiliki karier tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi kalian juga bekerja untuk perusahaan dan memiliki tujuan bersama dengan rekan kerja lainnya. Kalian tidak bekerja sendirian, dan seringkali kalian membutuhkan bantuan dari rekan kerja. Jadi jika dapat bekerja sama dengan baik, kalian secara otomatis akan disukai oleh tim kerja, sehingga mereka melihat kalian sebagai rekan kerja yang kooperatif.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjadi Partner Kerja Yang Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel