Menghadapi hari pertama di tempat kerja

Menghadapi Hari Pertama di Tempat Kerja
Bingung bagaimana memberi kesan pertama yang baik pada hari pertama bekerja di kantor baru? Percaya atau tidak, Kalian dapat menikmati momen penting ini dengan santai, tetapi tetap menciptakan kesan yang baik untuk memulai perjalanan karier Kalian bersama perusahaan. Perhatikan tips berikut:

1. Tampil sesuai profesi dan kepribadian Kalian

Merasa nyaman itu penting dan dapat memberi kalian kepercayaan diri yang kalian perlukan ketika memasuki lingkungan baru. Namun perlu diingat, penampilan profesional kalian juga harus sesuai dengan nilai-nilai perusahaan tempat kalian bekerja. Cari keseimbangan antara profesionalisme dan menjadi diri sendiri.


2. Tiba lebih awal

Gunakan ponsel cerdas kalian untuk mengetahui jarak dan waktu perjalanan dari tempat tinggal kalian ke lokasi kantor yang baru. Cari tahu opsi dan jadwal fasilitas transportasi umum yang harus Kalian gunakan, atau di mana kalian dapat memarkir kendaraan pribadi. Rencanakan ini dengan baik, dan kalian dapat menghindari satu masalah yang tidak perlu hari itu.

3. Percaya diri

Kantor baru, terutama kantor pertama, tampaknya telah diciptakan untuk membuat kalian merasa gugup. Tetapi coba pikirkan kembali ... Semua orang, bahkan atasan sekalipun pernah melewati posisi ini. Kalian tidak sendirian, dan kalian tidak diharapkan untuk mengetahui segalanya dengan segera. Jadi, ambil napas dalam-dalam, jadilah diri sendiri dan tunjukkan kepada semua orang mengapa perusahaan memilih Kalian.

4. Ucapkan salam

Sebagai anggota baru dalam tim, Kalian akan dikenalkan dengan kolega di kantor. Pastikan Kalian melakukan kontak mata, berikan senyum terbaik Kalian, kemudian ucapkan salam Kalian dengan ramah dan jelas. Ingat, ketika berjabatan tangan, lakukan dengan percaya diri tetapi jangan terlalu keras.

5. Bertanya

Hari pertama kerja adalah kesempatan terbaik di mana Kalian dapat bertanya apa pun yang tidak Kalian mengerti tentang perusahaan. Jangan malu untuk bertanya, dan Kalian akan dapat memahami segalanya dengan lebih cepat.

6. Ingat apa yang Kalian ucapkan ketika wawancara

Sebuah perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan Kalian karena suatu alasan. Jadi, buktikan bahwa Kalian sesuai dengan apa yang Kalian ucapkan ketika wawancara.

7. Perbarui akun media sosial

Setelah Kalian memulai hari kerja pertama, segera perbarui profil dan posisi Kalian di akun media sosial. Pastikan juga untuk mengikuti fanpage perusahaan baru tempat Kalian bekerja, dan, setelah berkenalan, juga kolega baru Kalian di LinkedIn. Dengan cara ini, Kalian akan mulai membangun jaringan profesional Kalian di sana.


8. Buat hubungan, atau bahkan persahabatan yang baik

Perlakukan teman kerja Kalian seperti Kalian ingin diperlakukan, sopan dan ramah. Ingat, hubungan profesional yang baik selalu didasarkan pada rasa hormat dan kepercayaan berdasarkan kinerja. Meskipun Kalian mungkin tidak tahu pada awalnya, Kalian masih dapat membantu dan menunjukkan etos kerja yang baik.

9. Dibawa asyik

Rencanakan dengan baik dan hari pertama bekerja dapat jadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak ada yang berharap Kalian bisa melakukan semuanya dengan segera, jadi Kalian tidak perlu terlalu tegang untuk memikirkan bagaimana Kalian harus membuat semua orang takjub. Perlihatkan sikap positif, keinginan untuk belajar dan berkembang, dan yang terpenting, dibawa asyik aja.

Itu tadi tips bagaimana menghadapi hari pertama di tempat kerja. Semoga informasinya dapat bermanfaat bagi kalian yang baru saja mendapat pekerjaan.

Posting Komentar

0 Komentar