Dapat Pekerjaan Sebelum Wisuda, Simak Tips Berikut

Dapat Pekerjaan Sebelum Wisuda, Simak Tips Berikut
Momen kelulusan adalah momen yang sangat menyenangkan dan menegangkan. Merasa bahagia karena pada akhirnya bisa menyelesaikan kuliah dan mendapatkan gelar, tetapi juga merasa tegang karena secara resmi mereka akan memasuki dunia yang sangat berbeda dari sebelumnya, dunia kerja. Dunia perguruan tinggi dan dunia kerja tentu saja sangat berbeda dan dalam menghadapinya kita mesti melakukan berbagai persiapan.

Mencari pekerjaan sebelum lulus akan membuat Anda lebih tenang ketika menghadapi situasi setelah lulus karena Anda sudah memiliki pekerjaan atau pengalaman kerja. Sekarang, bagaimana kita mendapatkan pekerjaan sebelum lulus? Ayo, simak tips di bawah ini!


Mempersiapkan Waktu Secara Khusus

Persiapkan waktu khusus untuk menemukan berbagai informasi tentang perusahaan dan lowongan yang tersedia. Ketika menunggu waktu kelulusan, banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu berlibur. Pilihan yang satu ini tidak ada salahnya. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan sebelum lulus, sisihkan waktu untuk fokus pada pekerjaan itu untuk beberapa waktu.

Waktu selama seminggu penuh akan cukup bagi Anda untuk mengamati berbagai hal tentang lowongan pekerjaan. Anda juga dapat mengadakan sesi khusus dengan teman-teman Anda untuk membuat resume bersama. Anda dapat saling memberikan masukan sehingga masing-masing dapat membuat resume yang sempurna dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan sebelum lulus.

Bertanya Pada Teman yang Sedang Magang atau Sudah Bekerja

Jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman Anda yang telah lulus dan bekerja terlebih dahulu. Tidak harus menjadi pekerjaan tetap, Anda juga dapat bertanya kepada teman-teman Anda yang pernah atau sedang magang. Anda bisa bertanya tentang berbagai tips untuk menghadapi dunia kerja dan tips untuk memperoleh pekerjaan. Anda juga dapat bertanya apakah perusahaan tempat ia bekerja memiliki lowongan kerja yang mungkin dapat Anda lamar. Jika Anda beruntung, mereka mungkin dapat langsung meneruskan resume Anda untuk segera ditinjau oleh HRD.

Jalin Relasi dengan Alumni

Menjalin hubungan dengan alumni yang lebih berpengalaman adalah salah satu hal yang penting. Alumni biasanya juga menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam menerima karyawan. Jika alumni dari kampus Anda telah menunjukkan kinerja dan kinerja yang baik di perusahaan, maka Anda akan memiliki peluang besar di perusahaan. Alumni juga biasanya tidak ragu membantu lulusan baru dengan mengadakan berbagai seminar persiapan kerja atau membentuk kelompok untuk berbagi berbagai pengetahuan dan juga kesempatan kerja.

Datang ke Event Karir Expo

Setiap kampus biasanya memiliki event karir expo atau bursa kerja sendiri. Datang ke acara seperti ini juga merupakan peluang bagus untuk mendapatkan pekerjaan sebelum lulus. Sebenarnya bukan hanya kampus, tetapi banyak penyelenggara lain juga mengadakan acara serupa. Tetapi datang ke acara yang diadakan oleh kampus Anda biasanya akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, karena beberapa perusahaan ini memiliki kerja sama langsung dengan kampus. Acara expo karir atau bursa kerja juga dapat menjadi tempat bagi Anda untuk memperluas relasi dengan bertemu langsung dengan staf perusahaan yang Anda inginkan atau bertemu dengan sesama pencari kerja.

Mencoba Kerja Part-time atau Magang

Bekerja sebelum lulus lebih fokus pada mencari pengalaman. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba pekerjaan paruh waktu atau magang. Penghasilan yang dihasilkan tidak sebanyak pekerjaan permanen, tetapi setidaknya Anda bisa mendapatkan pengalaman kerja yang akan memudahkan Anda menemukan pekerjaan setelah lulus. Cari pekerjaan paruh waktu dan magang yang terkait dengan pekerjaan yang Anda inginkan nanti. Tidak jarang juga perusahaan yang menawarkan pekerjaan tetap kepada karyawan paruh waktu.

Kembangkan Skill Sesuai dengan Pekerjaaan Impianmu

Saat mencari pekerjaan sebelum lulus, jangan lupa mengasah skill setiap pekerjaan yang Anda inginkan nantinya. Anda harus mencari tahu keterampilan apa yang diperlukan untuk pekerjaan terkait. Setelah Anda tahu keterampilan apa yang dibutuhkan, Anda harus mengembangkan keterampilan itu. Anda dapat menghadiri berbagai seminar yang dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan di bidang yang Anda inginkan. Membaca berbagai buku dan juga mengobrol dengan orang-orang yang lebih berpengalaman juga akan sangat baik dilakukan.


Memanfaatkan Media Sosial untuk memperoleh Informasi

Siapa yang tidak menggunakan media sosial hari ini? Jangan hanya menggunakan media sosial sebagai hiburan, karena media sosial juga dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan sebelum lulus. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi lowongan pekerjaan dari platform seperti Facebook dan Instagram. Satu platform lain yang paling membantu dalam mencari pekerjaan adalah LinkedIn. Lebih baik menggunakan media sosial untuk hal-hal positif seperti ini daripada hanya menjadi sarana untuk menghabiskan waktu.

Beritahu Orang-orang Terdekat Bahwa Anda Sedang Mencari Kerja

Jangan lupa memberi tahu orang-orang di sekitar Anda baik itu keluarga dan teman bahwa Anda sedang mencari kerja. Semakin banyak orang tahu, semakin banyak yang akan membantu Anda memberikan informasi pekerjaan. Siapa pun yang tahu bahwa Anda mencari pekerjaan akan dengan senang hati memberikan informasi pekerjaan atau bahkan menawarkan pekerjaan secara langsung. Inilah salah satu manfaat networking dalam mencari kerja.

Membuat Portofolio Online

Membuat portofolio online juga akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Portofolio online akan memudahkan orang lain menemukan Anda dan melihat hasil pekerjaan Anda. Tentu saja portofolio tidak selalu wajib ketika Anda mencari pekerjaan. Namun yang jelas, portofolio akan sangat meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara.

Bangun Citra Profesional

Mulailah membangun citra profesional. Periksa profil LinkedIn Anda apakah rapi dan layak ditinjau oleh perusahaan? Bersihkan akun media sosial Anda dari hal-hal yang mungkin membuat perusahaan berpikir negatif tentang diri Anda. Mulailah membuat akun di berbagai situs pekerjaan untuk mendapatkan berbagai informasi akurat tentang pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Demikianlah tips untuk mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda dan selamat berjuang.

Posting Komentar

0 Komentar