Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri dengan berbagai alasan
Terkadang berbagai hal bisa saja terjadi di tempat kita bekerja yang membuat tidak lagi nyaman dengan lingkungan tempat kita bekerja. Entah itu berasal dari sesama rekan kerja, jenuh degan lingkungan pekerjaan atau bahkan ada masalah dengan atasan yang dan membuat kita mau tidak mau mengajukan permohonan pengunduran diri. Normalnya surat pengunduran diri karyawan dibuat secara formal dan kemudian dicetak di selembar kertas kemudian diserahkan kepada atasan sebagai pemberitahuan formal bahwa kita akan meninggalkan tempat bekerja.

Banyak alasan yang biasanya menjadi latar belakang mengapa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Kamu bisa mengajukan surat pengunduran diri melalui email tanpa berpamitan langsung pada atasan karena berbagai alasan yang kamu miliki. Namun tindakan tersebut kurang tepat, karena terkesan kurang sopan dan kurang professional.


Tips menulis surat pengunduran diri (surat resign)

  • Sebaiknya isi surat jelas tujuannya untuk pengunduran diri dari perusahaan dan selalu gunakanlah bahasa yang sopan, baik dan benar.
  • Berikan alasan pengunduran diri dengan jelas dan singkat. Tak perlu sampai menceritakan secara rinci seperti membuat cerpen atau esai mengenai alasan sebenarnya memilih untuk mengundurkan diri. Apalagi jika alasan utamanya sebenarnya adalah adanya hubungan tak baik antara kamu dan pimpinan, rekan atau budaya di perusahaan tersebut. Cukuplah simpan untuk dirimu sendiri dan Tuhan yang tahu.
  • Cari waktu yang tepat untuk membicarakan niat mengundurkan dirimu dari perusahaan pada HRD atau atasan. Sebagai umat beragama jangan lupa juga berdoa. Agar ketika kamu menyerahkan surat untuk mengajukan pengunduran diri mood HRD ata atasanmu sedang bagus. Meski tidak tampak berlonjakan gembira, minimal kelihatan dia tidak menekuk wajah atau terlalu banyak diam hari itu.
  • Jangan lupa untuk mengucapan terimakasih kepada pimpinan perusahaan beserta rekan-rekan satu pekerjaan di perusahaan. Karena bagaimanapun juga kamu sudah diberi kesempatan dan pernah bekerjasama dalam perusahaan tersebut. Pasti ada ilmu dan pengalaman yang baik yang bisa kamu jadikan pelajaran di masa depan. Berterima kasih tidak membuat kamu rugi kok.
  • Sebutkan waktu dan tanggal mulai kapan kamu akan mulai resign dari perusahaan dan tentunya jangan terlalu mendadak. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan juga mempersiapkan untuk mendapatkan pengganti kamu secepatnya.
  • Sebelum resign, jangan sampai meninggalkan sisa kewajiban, ya. Ingatlah untuk selalu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seorang professional dalam bekerja.

Yang harus kamu selalu ingat adalah jangan merasa rugi untuk tetap bertindak positif, seburuk apapun situasinya. Termasuk memikirkan hal- hal yang sudah kamu alami selama bekerja di perusahaan lamamu sampai kemudian memutuskan untuk tinggal atau kamu benar-benar memutuskan untuk pergi meninggalkan pekerjaanmu saat ini.




Berikut ini Contoh Surat Pengunduran Diri (surat resign) resmi yang Baik dan Sopan

1. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jakarta Utara, 11 Maret 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Cari Suksestama
Jl. Ir. Soekarna No 23-25
Jakarta Utara

Dengan hormat
Melalui surat ini, saya Sergio Aguero bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Cari Suksestama sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 21 Maret 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Cari Suksestama. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Cari Suksestama jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Cari Suksestama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,
( tanda tangan )
Sergio Aguero


2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Alasan Pekerjaan Lain

Magetan, 2 Agustus 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Jujur Mandiri
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Jennifer Aniston bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Jujur Mandiri sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2019. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Jujur Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Jujur Mandiri semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
( tanda tangan )
Jennifer Aniston


3. Contoh Pengunduran Diri Karena Alasan Kesehatan dan Usia

Malang, 01 Mei 2019

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kiara Maju
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama : Fabio Capello
Departemen : PT. Maju Mundur
Jabatan : Mekanik
No. Karyawan : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Kiara Maju dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,
( tanda tangan )
Fabio Capello




4. Contoh Surat Pengunduran Diri Jelas dan Padat

Surabaya, 6 Maret 2019

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Lancar
Jalan Jembatan Merah Nomor 12
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Paul Pogba bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Lancar sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 17 April 2019. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Lancar. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Lancar atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Maju Lancar semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
(tanda tangan)
Paul Pogba


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Alasan Keluarga

Makassar, 18 Agustus 2019

Kepada
Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar
Makassar

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Pertaminus Jaya, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama: Frank De Jong
Departemen: Pemasaran dan Informasi
Jabatan: Sales
No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Pertamnus Jaya karena urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
(tanda tangan)
Frank De Jong



Posting Komentar

0 Komentar