Pengertian Akuntan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Akuntan Tugas dan Tanggung Jawabnya
Untuk anda yang bekerja di dalam lingkup perusahaan atau perkantoran, pasti di ruang kerja anda tidak bekerja sendirian. Ada supervisor, manager, akuntan, admin dan beberapa posisi yang ada didalam kantor lainnya. Hal tersebut memanglah dibuat seperti itu agar bisa saling mendukung antara satu staff dengan staff lain. Bagian dan tugas yang ditanggung juga berbeda-beda sesuai dengan masing-masing jobdesk.

Anda perlu tahu bahwa meskipun mereka berada di satu ruangan, mereka masih bekerja secara individu tetapi untuk memfasilitasi koordinasi staf ditempatkan di satu ruangan. Selain itu, penempatan beberapa staf di satu ruangan juga bertujuan untuk menciptakan kebersamaan dalam suasana kerja sehingga karyawan dapat merasa nyaman saat berada di kantor.

Mungkin dari Anda semua ada yang tidak tahu tentang jobdesk dan tanggung jawab masing-masing anggota staf di kantor, baik akuntan, admin, manajer, supervisor, HRD dan staf lainnya. Pada artikel ini akan mengulas Tugas Tanggung Jawab Akuntan dan Fungsinya di Perusahaan dan Perkantoran. Semoga ini dapat membantu menambah pengetahuan Anda tentang dunia kantor dan akuntansi.

Tugas Tanggung Jawab Akuntan dan Fungsinya di Perusahaan dan Kantor

  1. Menghitung, mengelola dan merencanakan permasalahan pajak yang ada di perusahaan untuk mengefisiensikan biaya dan menjalankan peraturan pajak.
  2. Menghitung, mengelola dan merencanakan serta menganalisis keuangan untuk dapat mengkonsultasikan dan merundingkan tentang keuangan bagi direktur perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis, investasi maupun yang menyangkut keuangan perusahaan.
  3. Melakukan controling dan monitoring prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengatur pelaksanaannya untuk memastikan seluruh proses keuangan dan transaksi dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meminimalisir resiko.
  4. Menghitung, mengelola dan merencanakan penyusunan anggaran perusahaan dan mengontrol penggunaan anggaran untuk memastikan penggunaan dana sudah sesuai dengan data yang ada.
  5. Menghitung, mengelola dan merencanakan serta mengontrolarus cashflow pengelolaan pitang dan hutang sehingga dapat memastikan kondisi keuangan tetap sehat.
  6. Menghitung, mengelola dan merencanakan pembayaran perpajakan perusahaan agar selalu tepat waktu.
  7. Melakukan Pengelolaan Fungsi dalam proses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.
  8. Melakukan perhitungan, Pph1, Pph2,Pph3 untuk menentukan potongan gaji karyawan.
  9. Memegang Kas Kecil dan Kas besar perusahaan untuk keperluan operasional perusahaan.

Selain beberapa tugas diatas, ada beberapa tanggung jawab seorang akuntan dalam perusahaan

  1. Bertanggung jawab langsung kepada pimpinan mengenai keuangan perusahaan.
  2. Memfasilitasi dan mengeluarkan dana apabila memang menyangkut kebutuhan kantor atau perusahaan.
  3. Mencatat dan melakukan akumulasi perhitungan mengenai kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang tidak terduga. Contohnya pengurusan surat yang membutuhkan biaya, biaya akomodasi transportasi untuk keperluan kantor dan perusahaan.
  4. Memfasilitasi pembelian rutin bulanan tentang keperluan kantor dan perusahaan.
  5. Mengganti uang karyawan yang terpakai secara tidak terduga untuk keperluan perusahaan.

Demikian ulasan tentang Tugas Akuntan dalam Tanggung Jawab dan Fungsi mereka di Perusahaan dan Kantor. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai akuntan di suatu perusahaan, silakan lihat lagi kapasitas dan kualifikasi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Akuntan Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel