Pengertian IT Support Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian IT Support Tugas dan Tanggung Jawabnya
Tentunya Anda punya alasan mengapa akhir-akhir ini sering mencari lowongan kerja IT Support . Anda mungkin saja menjadi sosok yang kerap diminta tolong keluarga atau teman dalam menangani berbagai masalah teknologi mereka, entah itu melakukan instalasi software di laptop teman atau membetulkan masalah koneksi internet di rumah.

Nah, jika Anda ingin membantu lebih banyak orang tapi dibayar untuk melakukannya, langkah pertama yang alami bagi banyak orang di posisi Anda adalah mempertimbangkan pekerjaan yang berkaitan dengan hal teknis di bidang IT. Pekerjaan yang satu ini mungkin tidak terdengar glamor, tapi mereka yang bekerja di bidang itu merupakan orang-orang penting dalam suatu industri, apalagi di era digital ini.
Jadi, apakah Anda tertarik untuk melamar kerja sebagai IT Support? Mari pahami apa saja yang akan menjadi tanggungjawab Anda nantinya sebagai Support di bidang IT. Tak hanya itu, Anda juga perlu tahu kemampuan apa saja yang harus Anda kembangkan agar sukses di pekerjaan satu ini.

Apa itu IT Support ?

IT Support adalah seorang teknisi pada sebuah organisasi/perusahaan yang memiliki tanggungjawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan (network system).

Job Desk IT Support

Pada bagian definisi telah kami jelaskan inti dari tugas seorang Support di bidang IT tersebut, namun kali ini kami akan mencoba merincinya agar Anda lebih mendapat gambaran. Berikut adalah rincian kerjanya!
  • Anda harus memastikan komputer yang digunakan oleh user dapat berfungsi normal/berjalan seperti seharusnya
  • Anda harus memastikan komputer yang digunakan oleh si user tersebut terhubung ke jaringan dan dapat berkomunikasi seperti seharusnya
  • Anda harus memastikan kalau aplikasi-aplikasi yang dipakai oeh si user berfungsi seperti yang seharusnya
  • Anda juga perlu memastikan kalau semua data yang user punya dalam komputer itu tidak dapat dibaca atau diambil oleh pihak yang tidak berkepentingan tanpa seizin user
  • Anda juga harus cek dan update setiap pembaharuan sistem operasi maupun aplikasi yang dijalankan oleh user
  • Anda bertugas melakukan backup terhadap semua data agar aman dan jika sistem mengalami gangguan, Anda perlu restore data dari backup system yang ada itu
  • Anda pun bertanggungjawab terhadap mesin pendukung semacam printer, scanner dan lain sebagainya
  • Anda merupakan pihak yang turut menjaga keamanan sistem lewat berbagai tools seperti scanning dengan antivirus dan lain sebagainya
  • Anda melakukan pengaturan terhadap browser
  • Anda bertugas juga untuk cek dan perbaiki bila sewaktu-waktu ada masalah pada jaringan komputer user


Rincian ini tidak berlaku untuk semua perusahaan atau organisasi. Mengapa? Karena setiap user memiliki kebijakan dan kebutuhan sendiri. Jadi, sebaiknya pada saat melamar kerja nanti, Anda menanyakan terlebih dahulu apa saja yang termasuk job desk Anda.

*sumber : dewaweb.com

Posting Komentar

0 Komentar