Pengertian Promotor Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Promotor Tugas dan Tanggung Jawabnya
Banyaknya peredaran Smartphone di Indonesia sudah tidak dapat dibendung lagi, banyak merk, tipe, model serta fitur yang disuguhkan dari berbagai brand smarphone mulai dari yang mematok harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Hal tersebut membuat banyak opsi atau pilihan kepada pembeli apabila hendak memiliki smartphone.

Apabila jaman dahulu handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja, maka kini tidak lagi karena harga handphone sendiri kian hari kian bervariasi tergantung merk dan fitur yang disuguhkan, sehingga handphone kini bisa dimiliki setiap orang dari banyak kalangan, pria-wanita, tua dan muda semuanya tidak ada batasan untuk memiliki benda elektronik dengan penuh kecanggihan ini.

Tingginya antusias dan minat masyarakat untuk memiliki handphone ini tentu memberikan peluang bagi banyak brand untuk terus berinovasi melahirkan produk dan fitur baru yang disematkan pada telepon genggam agar lebih menarik hati konsumen.

Namun meskipun begitu, tidak jarang konsumen masih belum mengerti dan belum paham tentang fitur yang dimiliki sebuah telepon genggam sehingga banyak perusahaan brand handphone membutuhkan tenaga yang bertugas untuk memberikan informasi kepada konsumen agar tertarik kepada produk handphone mereka. Orang yang bertugas menjelaskan dan menyampaikan informasi seputar kelebihan ponsel kepada calon pembeli ini disebut dengan Promotor.

Kalian tentu banyak menemukan informasi lowongan kerja promotor yang sepertinya masih asing tentang bagaimana tugas dan cara kerja promotor HP. Pekerjaan ini banyak dikerjakan oleh anak-anak muda.

Kenapa anak muda? Ya karena syarat untuk menjadi promotor Iphone, Samsung, Vivo, Oppo, Smartfren, Xiaomi, Redmi, Realme ataupun promotor merk ponsel lainnya adalah memenuhi dari persyaratan usia. Selain itu anak muda juga sangat update dengan berbagai teknologi dan aplikasi terbaru, sehingga jika ada ada aplikasi anyar, mereka dapat dengan mudah mempelajarinya.

Keuntungan menjadi promotor HP ini adalah kamu mendapat gaji pokok sesuai dengan UMR dimana tempat kamu bekerja, kamu juga punya kesempatan memiliki tambahan penghasilan dari insentive penjualan jika penjualanmu mencapai target dan beberapa perusahaan brand HP juga ada yang memberikan tunjangan pulsa serta BPJS kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja dan tidak lupa THR juga ya teman teman. Lalu apa saja job desk promotor Smartphone? Yuk langsung simak saja dibawah ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Promotor HP

1. Mengerti dan Menguasai Produk Smartphone

Ketika kamu diterima bekerja sebagai seorang promotor HP, maka akan ada sesi training dan pelatihan dimana kamu akan diajari tentang nama nama sparepart baik hardware maupun software disetiap produk yang terpasang pada jenis HP yang akan kamu pasarkan. Kamu tentu harus paham secara menyeluruh tentang semua produk dan tipe HP yang akan dipasarkan oleh brand dimana kamu bekerja.

Tujuan dari diadakannya training dan pembelajaran tentang seluk beluk produk brand secara menyeluruh ini tidak lain dan tidak bukan adalah agar kamu dapat menawarkan kepada konsumen dan juga bisa menjawab semua pertanyaan konsumen tentang merk Smartphone yang kamu tawarkan kepada mereka.

2. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik Terhadap Pelanggan

Kemampuan yang baik merupakan salah satu aspek yang akan membuatmu memiliki cara menjadi sales yang handal, setelah kamu paham dan menguasai materi tentang apa saja yang menjadi andalan produk HP milikmu, maka tugas kedua seorang promotor HP adalah mampu berkomunikasi dengan pelanggan dan justru bisa dikatakan inilah poin penting yang harus dimiliki dari setiap promotor.

Mengapa demikian? Logikanya sederhana, sepandai apapun kamu menguasai produk yang kamu jual, sebagai sales orientasimu adalah mampu membuat konsumen tertarik dengan produkmu. Ketertarikan konsumen tentu bukan dari fitur yang tersemat pada handphone yang kamu pasarkan, namun tergantung bagaimana kamu menyampaikannya kepada pelanggan sehingga mereka tertarik dengan produkmu. Narasi yang kamu sampaikan menjadi penentu pelanggan akan tertarik atau tidak.

3. Pandai Menjalin Hubungan dengan Customer

Tugas ketiga ini juga tidak boleh kamu sepelekan, pasalnya kamu akan menghadapi banyak pelanggan nantinya yang tentu tidak semuanya tertarik dengan produk HP yang kamu tawarkan. Jika kamu sudah memiliki pelanggan, maka kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengannya sebab hal tersebut juga menjadi kualitas tersendiri buatmu.

Beberapa konsumen mungkin menceritakan pengalaman dan keluhannya menggunakan HP dari brand lain, kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik untuknya. Hal tersebut juga menjadi kesempatan untuk bisa menawarkan produk Handphone dari brand milikmu dan jika pelanggan tersebut tertarik terhadap produk yang kamu tawarkan dan membelinya maka kamu harus menjaga hubungan baik dengannya, karena tidak menutup kemungkinan jika ada saudara dari pelangganmu ingin membeli HP maka akan diarahkan kepadamu.



4. Punya Strategi Marketing yang Cerdik, Kreatif dan Inovatif

Perusahaan tentu akan bersedia mengeluarkan dana jika dirasa strategi marketing yang kamu ajukan akan memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan produk brand HP yang dipasarkan. Kamu tentu pernah menjumpai kegiatan promotor HP Oppo, promotor HP Vivo yang joget joget dengan meriah disamping jalan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menarik perhatian pelanggan.

Lalu apakah jika kamu menjadi promotor HP merk lain kamu juga harus melakukannya? Tentu tidak, pikirkan strategi marketing kreatif milikmu sendiri. Perusahaan tentu akan melihat potensimu dari situ dan bukan tidak mungkin jika idemu memang memberikan dampak positif bagi penjualan, kamu akan dipromosikan untuk naik jabatan.

Banyak yang penasaran dan bertanya berapa besar gaji bulanan dari profesi ini. Untuk besar gaji promotor HP Samsung, gaji promotor HP Oppo dan gaji promotor Smartphone Realme juga tidak jauh berbeda yaitu rata rata UMR hanya saja yang membedakan adalah insentifnya, semakin kamu bisa bekerja capai target maka semakin besar insentif yang kamu dapatkan.


Kisaran Besaran Gaji Seorang Promotor

Gaji seorang promotor smartphone dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti pengalaman kerja, keterampilan, lokasi, perusahaan, dan tanggung jawab pekerjaan.

Secara umum, gaji seorang promotor smartphone di Indonesia berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta per bulan, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Namun, gaji ini dapat berbeda di daerah atau kota yang berbeda. Selain itu, beberapa perusahaan mungkin menawarkan bonus atau insentif lainnya kepada promotor yang berhasil mencapai target penjualan tertentu.

Insentif yang didapat seorang promotor smartphone dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan aturan yang berlaku. Beberapa insentif yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan untuk promotor smartphone antara lain:
  • Bonus Penjualan: Promotor bisa mendapatkan bonus ketika berhasil mencapai target penjualan tertentu.
  • Tunjangan Kesehatan: Perusahaan memberikan tunjangan kesehatan seperti asuransi kesehatan atau program kesehatan lainnya.
  • Tunjangan Transportasi: Perusahaan memberikan tunjangan transportasi atau biaya transportasi yang ditanggung perusahaan.
  • Komisi: Selain bonus penjualan, promotor juga dapat memperoleh komisi berdasarkan jumlah penjualan yang berhasil dilakukan.
  • Training dan Pengembangan: Promotor dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan keterampilan agar dapat meningkatkan kemampuan dalam menjual produk.
  • Hadiah atau Bonus Spesial: Perusahaan juga dapat memberikan hadiah atau bonus spesial ketika promotor berhasil mencapai target tertentu atau meraih prestasi yang diakui oleh perusahaan.
  • Program Karyawan: Promotor yang berhasil menunjukkan kinerja yang baik dan memiliki potensi dapat diberikan kesempatan untuk bergabung menjadi karyawan tetap perusahaan dan menikmati tunjangan karyawan lainnya.
Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, insentif yang didapat seorang promotor smartphone dapat berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan aturan yang berlaku.

Penutup

Demikian ulasan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Promotor HP yang telah selesai diulas untuk teman teman semua. Hal yang menyangkut tentang marketing dan sales sangatlah luas dan memiliki banyak sebutan tergantung di perusahaan apa kamu bekerja. Lalu mengapa hal tersebut dilakukan oleh perusahaan? Karena kebanyakan orang saat ini sangat menghindari untuk bekerja sebagai marketing karena job desknya erat berkaitan dengan target.

20 Komentar untuk "Pengertian Promotor Tugas dan Tanggung Jawabnya"

  1. Berarti tetep di kasih gaji bulanan ya? Cuma beda di insentif. Dapat insentif klo capai terget?

    BalasHapus
  2. Bermanfaat info nya πŸ™

    BalasHapus
  3. Kerjanya berdiri terus atau boleh duduk

    BalasHapus
  4. Jika tidak mencapai target apakah tetap dapat gaji atau di Drop out

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat gaji tpi insetif berkurang atau tidak dpt bergantung target perusahaan

      Hapus
  5. Terimakasih untuk infonya.. ini pasti akan menjadi bekal saya dimasa depanπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  6. apakah ada lowongan jadi promotor bapak/ibu apabila ada saya berminat

    BalasHapus
  7. Apakah menjadi seorang promotor harus mempunyai badan yang bagus, saya ingin sekali menjadi seorang promotor namun terpaksa mundur karna badan saya gendut

    BalasHapus
  8. Gimana caranya supaya kita nggk down saat ndk mencapai target... Tolong dong kak sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti rejeki kita di bulan selanjutnya

      Hapus
  9. Apakah promotor hp itu harus tinggi juga?

    BalasHapus
  10. Kerja promotor itu di lapangan cari konsumen atau di tempat nunggu yang mau beli

    BalasHapus
  11. Misalkan kemungkinan terburuk nih, kta 1 bulan sama sekali tidak jualan, apakah tetep dapat gaji tolong jawaban sejujur jujurnya. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digaji, tpi dipotong dan jika trjdi lgi d bulan slnjutny, mending anda resign πŸ˜„

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel