Alasan Mahasiswa Perlu Bekerja Sampingan

Alasan Mahasiswa Perlu Bekerja Sampingan
Menjadi mahasiswa tentu tidak sama dengan ketika Anda masih di sekolah menengah. Biaya kuliah dan keperluan lainnya juga tidak semurah semasa SMA. Pasti akan ada perubahan dan tentu saja semuanya akan meningkat.

Ditambah lagi, selama kuliah kita merasa lebih bertanggung jawab untuk mengurangi beban orang tua. Rasanya, sudah mulai gengsi untuk terlalu sering minta uang jajan sama orangtua, setuju tidak?

Bagi Anda yang merasa seperti ini, Anda dapat untuk mulai mencoba bekerja sampingan. Ada juga sejumlah alasan yang bisa mendorong Anda untuk lebih termotivasi mencari pekerjaan sampingan.

1. Menambah pengalaman

Pengalaman adalah guru yang paling berharga yang tidak ada duanya dan tidak akan kita dapat di kampus terbaik sekalipun. Pengalaman akan didapat dari kehidupan nyata. Mulai bekerja sambil kuliah akan membuat Anda menyadari betapa sulitnya dunia sehingga Anda tidak akan hidup untuk bermain-main seperti mahasiswa lainnya. Anda juga akan menjadi orang yang lebih dewasa tanpa Anda sadari.

2. Mengurangi beban orangtua

Bekerja berarti kita akan mendapatkan penghasilan tambahan, sehingga kita dapat menghemat uang atau menggunakannya sebagai kebutuhan sehari-hari. Hasilnya, kita tidak sering meminta uang saku kepada orang tua. Tentunya orang tua kita akan sangat bangga.

3. Membuka wawasan

Bekerja sambil belajar juga akan membuka wawasan Anda. Anda akan bertemu orang-orang yang mungkin lebih tua dari Anda dan Anda tahu lebih banyak hal mengenai kerasnya dunia. Jadi, kepribadian Anda menjadi lebih terbentuk dan kepekaan sosial Anda lebih terasah daripada orang lain seusia Anda.

4. Mengasah kemampuan mengatur waktu

Mengatur dan membagi waktu adalah kemampuan yang hanya dapat dimiliki jika Anda langsung mempraktikkannya. Sebagai mahasiswa yang juga harus bekerja, bakat Anda terasah untuk mengatur waktu ini. Ini bukan hal yang mudah, tetapi manfaatnya akan terasa suatu hari nanti.

5. Dapat menambah isi CV

Ketika Anda lulus nanti dan akan memasuki dunia kerja nyata, pekerjaan paruh waktu Anda selama kuliah dapat digunakan sebagai tambahan untuk isi CV Anda. Banyak sekali perusahaan besar yang mengedepankan pengalaman kerja calon karyawan.

Bekerja sambil kuliah memang menyenangkan dan bermanfaat. Tapi ingat, jangan terlena dan ingat bahwa kewajiban utama Anda adalah menyelesaikan studi Anda.

Posting Komentar

0 Komentar