Ingin Ganti Profesi? Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Ingin Ganti Profesi? Jawab Dulu Pertanyaan Ini
Mengubah pekerjaan itu tidak mudah, dan lebih menantang ketika berganti karier. Bayangkan jika Anda dulu bekerja dengan jadwal yang jelas dan kemudian pindah ke industri yang lebih fleksibel.

Untuk meringankan kesulitan saat berganti karier, ada beberapa tips untuk membuat keputusan yang lebih fokus. Jadi itu tidak terbatas pada hal-hal yang dinyalakan di permukaan seperti peluang atau gaji.

Kiat-kiat berikut ini datang dalam bentuk pertanyaan yang perlu dijawab.

Cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut untuk mendapatkan keputusan yang lebih berkualitas dan meringankan keraguan yang Anda miliki ketika Anda ingin berganti profesi. Dilaporkan dari Forbes, mengikuti penjelasannya.

1. Apa yang akan dinegosiasikan?

Buat daftar hal-hal yang siap dan tidak siap menjadi bahan kompromi. Ini akan membantu Anda mengevaluasi peluang yang muncul.

Misalnya, Anda siap bekerja di luar ruangan, tetapi Anda tidak dapat menyewa rumah karena ada bisnis di rumah, atau Anda tidak ingin menambah kemacetan di jalan karena lokasi kantor jarak jauh. Tuliskan faktor-faktor ini untuk dipertimbangkan.

2. Apa alasan spesifik untuk berganti karier?

Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda ingin berganti karier daripada bertahan dengan alasan seperti mendapatkan gaji yang lebih besar atau peluang baru. Jika tujuannya adalah untuk mendapatkan gaji besar, pikirkan lagi apa artinya mendapatkan gaji besar untuk Anda.

Misalnya, gaji sebenarnya ingin digunakan untuk pindah ke tempat yang lebih baik, memberi lebih banyak untuk keluarga, atau mendapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk investasi. Memikirkan hal-hal spesifik seperti itu akan membuat diri Anda lebih percaya diri dalam mengubah karier.

3. Perubahan apa yang akan dilakukan?

Keputusan karier yang besar akan mengakibatkan gangguan pada hidup Anda. Pikirkan tentang hal-hal apa yang perlu Anda ubah dan akan berubah sebagai akibat dari perubahan karier.

Pertimbangkan semua faktor, baik internal maupun eksternal. Juga fokus pada hal-hal positif yang akan terjadi. Beberapa hal yang perlu diingat adalah perubahan budaya kerja, kebijakan, dan lokasi.

Semua itu memainkan peran besar bagi kepuasan karier di masa depan. Jika Anda memiliki keluarga, pertimbangkan juga dampak karier baru bagi mereka.

4. Apa skenario terbaik dan terburuk?

Bayangkan risiko terburuk terkait perubahan karier ini. Lalu, bayangkan skenario positifnya. Setelah menulis dua skenario, analisis negatif dan pikirkan solusi untuk mengatasinya.

Keraguan pasti akan terjadi. Anda pasti akan mengalami pikiran "bagaimana jika" dan terus-menerus memikirkan berbagai skenario setelah membuat keputusan.

Penawar terbaik yang dapat diberikan adalah mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda telah membuat keputusan sepintar mungkin, dan hal-hal positif akan terjadi sebagaimana mestinya.

Tidak apa-apa untuk merasa tegang, selama Anda tidak membiarkan perasaan itu menahan Anda dari merayakan perubahan besar ini.

Posting Komentar

0 Komentar